Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gelar Vaksinasi Door to Door, Warga yang Takut Disuntik hingga Disabilitas dapatkan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 16/08/2021, 15:59 WIB
Ivany Atina Arbi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas kepolisian di berbagai daerah di DKI Jakarta mengadakan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah agar penerimaan vaksin Covid-19 lebih menyeluruh.

Warga yang sebelumnya takut divaksin, hingga warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas menjadi target utama vaksinasi door to door tersebut.

Di Kelurahan Tugu Utara, Keamatan Koja, Jakarta Utara, misalnya, polisi mendatangi rumah yang ditempeli stiker bertuliskan “Masih Ada Penghuni Rumah yang Belum Divaksin”.

Baca juga: Petugas Tempel Stiker ke Rumah Warga di Jatinegara yang Belum Divaksin

"Kita dari Polsek Koja dan relawan Vaksin Merdeka ini datang untuk mempercepat program vaksinasi. Ini kita laksanakan door to door. Ibu nggak usah takut," kata Wakapolsek Koja AKP Nanang Irianto saat membujuk warga di Jalan Madya, RT 02 RW 03 Tugu Utara.

Setelah diyakini, warga itu akhirnya bersedia divaksin, seperti dilansir TribunJakarta.com.

Sementara itu di Kelurahan Pulogebang, Jakarta Timur, vaksinasi dilakukan oleh relawan yang didampingi anggota kepolisian dari Polsek Cakung.

Baca juga: Usai Petugas Tempel Stiker, Antusiasme Warga Jatinegara untuk Vaksinasi Meningkat

Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma mengatakan bahwa sasaran utama mereka adalah warga lansida dan disabilitas, sehingga mereka tidak perlu susah-susah mendatangi sentra vaksinasi Covid-19.

"Jadi kami memudahkan warga yang ingin vaksin tapi ada keterbatasan fisik, sehingga warga merasakan pelayanan dari kami," ujar Satria.

"Tadi ada empat warga yang kami datangi, tiga warga disabilitas dan satu warga lansia," bebernya.

(Penulis: Gerald Leonardo Agustino,Miftahul Munir | Editor: Erik Sinaga,Panji Baskhara)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul “Polisi Gelar Vaksinasi Door to Door di Koja: Sasar Warga yang Takut Disuntik Vaksin Covid-19” dan “Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Merdeka Door To Door di Cakung, Polisi Sasar Lansia dan Disabilitas”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com