Pemkot Bogor Targetkan 2.997 Ibu Hamil Dapat Divaksin pada Bulan Ini

Kompas.com - 19/08/2021, 19:54 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Vaksin dapat membantu mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19 yang berisiko memberi gejala berat hingga kematian. SHUTTERSTOCK/UNAI HUIZI PHOTOGRAPHYIlustrasi vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Vaksin dapat membantu mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19 yang berisiko memberi gejala berat hingga kematian.

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, terus mempercepat akselerasi vaksinasi Covid-19. Saat ini, sasaran prioritas penerima vaksin menyasar kepada kelompok ibu hamil.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor Siti Robiah Mubarokah mengatakan, pemberian vaksin kepada ibu hamil telah dimulai sejak pekan lalu.

Robiah mengungkapkan, berdasarkan data, ada 19.238 ibu hamil yang masuk ke dalam prioritas penerima vaksin di Kota Bogor.

Baca juga: Anies Sebut Ibu Hamil di Jakarta Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Untuk tahap pertama, sambung Robiah, vaksinasi baru diperuntukkan kepada 2.997 ibu hamil.

"Target (vaksin) ibu hamil di Kota Bogor itu ada 19.238 orang. Untuk di bulan ini (tahap pertama), ada 2.997 ibu hamil yang akan divaksin. Vaksinasi dilakukan serentak di 25 puskesmas," kata Robiah, Kamis (19/8/2021).

Robiah menjelaskan, ibu hamil harus mendapatkan vaksin karena berisiko tinggi tertular Covid-19 dan berpotensi mengalami gejala berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ketika Menko Airlangga Sindir Anies karena Jemur Ibu Hamil Peserta Vaksinasi Covid-19...

Lanjut dia, bagi ibu hamil yang usia kandungannya antara 14 sampai 33 minggu tidak perlu memakai rujukan khusus selama mereka tidak memiliki komorbid, riwayat penyakit jantung, dan diabetes.

"Mereka bisa langsung datang untuk divaksin karena sudah didata para kader di wilayah," sebut Robiah.

"Puskesmas sebelumnya memang sudah melakukan pendataan ibu hamil usia 14-33 minggu pada bulan Agustus ini dan dari data ada 2.997 ibu hamil bulan ini," tambah dia.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil di Kota Tangerang Hari Ini, Mulanya Ada Rasa Takut

Pemkot Bogor menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat diselesaikan pada September tahun ini.

Untuk mengejar percepatan tersebut, Pemkot terus menambah kuota sebanyak 15.000 orang yang divaksin per hari.

Selain itu, pemerintah daerah setempat juga terus menambah titik-titik atau lokasi sentra vaksinasi agar target percepatan bisa terealisasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.