Capai Titik Terendah, TPU Rorotan Kini Makamkan Paling Banyak Lima Jenazah Covid-19 dalam Sehari

Kompas.com - 01/09/2021, 13:22 WIB
Warga ziarah ke makam kerabat yang meninggal akibat Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Selasa (10/8/2021). Dibandingkan bulan Juni hingga Juli lalu, jumlah jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Rorotan berkurang. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga ziarah ke makam kerabat yang meninggal akibat Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Selasa (10/8/2021). Dibandingkan bulan Juni hingga Juli lalu, jumlah jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Rorotan berkurang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak terlhat lagi antrean pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Lurah Rorotan Idham Mugabe mengatakan pekan ini hanya lima makam yang terisi per harinya. 

"Kita sudah mencapai titik terendahnya per hari itu bisa mencapai 5 di satu minggu terakhir ini. Kalau di dua minggu terakhirnya mungkin masih mencapai 10," ujar Idham Mugabe dalam rekaman yang diterima Kompas.com Rabu (1/9/2021).

Padahal saat kasus Covid-19 di DKI Jakarta mengalami peningkatan pada Juli lalu, TPU Rorotan sempat dipenuhi dengan antrean jenazah.

Baca juga: Sempat Ambles, 10 Petak Makam di TPU Rorotan Sudah Diperbaiki

Adapun sebanyak 6.012 petak makam di TPU Rorotan sudah terisi.

"Berdasarkan data dari pengelola TPU Rorotan, per 30 Agustus kemarin kita mendapatkan data sudah mencapai 6.012 petak makam yang terisi di TPU Rorotan," kata Idham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya diketahui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta telah memperbaiki petak makam di TPU Rorotan yang ambles.

Kepala Distamhut DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, terdapat 10 petak makam di TPU khusus pasien Covid-19 di Rorotan yang ambles.

Baca juga: Wagub DKI Ungkap Penyebab Amblesnya Makam di TPU Rorotan

Dia mengatakan 10 petak makam yang ambles sudah dirapikan dan diperbaiki oleh petugas Distamhut DKI Jakarta.

"Yang baru-baru ini terjadi, terdapat 10 petak makam yang ambles di sisi Timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," kata Suzi dalam keterangan tertulis, Rabu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.