Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Jakbar Gelar Latihan Penyelamatan Korban Banjir

Kompas.com - 18/11/2021, 10:35 WIB
Mita Amalia Hapsari,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melakukan simulasi penyelamatan warga saat terjadi bencana banjir. Simulasi di pinggir Sungai Mookervart, tepatnya di depan Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Rabu (17/11/2021). Simulasi itu diikuti ratusan petugas dari Pemkot Jakarta Barat.

"Kurang lebih 300 personel terlibat dalam simulasi ini. Ini merupakan gabungan dari beberapa sudin," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, di lokasi simulasi, kemarin.

Peserta yang mengikuti simulasi itu merupakan jajaran Pemkot Jakarta Barat dari tingkat Suku Dinas (Sudin) hingga pengurus RT.

Baca juga: Penanggulangan Banjir di Kebon Pala yang Menunggu Kelanjutan Normalisasi Ciliwung...

"Sudin yang terlibat hari ini ada Gulkamart, Sosial, SDA, Binamarga, Kesehatan, Taman dan Hutan Kota, serta seluruh komponen masyarakat baik dari RT, RW, PKK, Tagana, PMI, juga dari dukungan TNI-Polri," kata Iin.

Dalam kegiatan itu dilakukan beberapa simulasi, yakni penyelamatan warga yang tenggelam, evakuasi warga sebelum terjadi banjir, pemotongan pohon, dan pemadaman bangunan yang terbakar saat banjir.

Pada kesempatan ini pula, pihaknya membentuk tim khusus untuk penanganan banjir di delapan kecamatan di Jakarta Barat.

"Persiapan penanganan banjir itu pertama membentuk tim khusus terdiri dari UKPD terkait. Kedua, kami memetakan fokus rawan banjir dan genangan. Ketiga, memastikan peralatan yang dimiliki UKPD terkait berjalan dengan lancar," kata dia.

"Keempat adalah koordinasi, ketika koordinasi itu harus dilakukan secara efektif, kami sedang bentuk tim, grup untuk koordinasi, saling mengomunikasikan secara efektif, baik secara formal maupun informal," lanjut Iin.

Dia berharap, dengan adanya simulasi ini, Pemkot Jakarta Barat bisa semakin sigap dan cepat dalam melakukan penanganan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com