Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Fokus Bahas Check Sound JIS Saat Banjir, Jakpro Sebut Tes Suara yang Dilakukan Penting

Kompas.com - 19/01/2022, 10:04 WIB
Sania Mashabi,
Ivany Atina Arbi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkali-kali menghadiri proses tes suara atau check sound di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Proses check sound tersebut diramaikan oleh penampilan sejumlah musisi kenamaan Tanah Air, seperti Afgan dan band Nidji.

Mereka diketahui menghadiri check sound pada Minggu (16/1/2022). Sebelumnya, hal yang sama dilakukan dengan mengundang anggota band Padi, yakni vokalis Fadli dan gitaris Piyu.

Tindakan Anies yang menghadiri proses check sound secara berulang di JIS menuai kritik dari anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak.

Ia meminta Anies lebih serius mengurusi masalah di Jakarta, seperti banjir dan penyebaran Covid-19, ketimbang berkali-kali datang ke JIS untuk hal yang tidak terlalu krusial dan berdampak pada banyak masyarakat.

Baca juga: Saat Anies Sibuk Bicara soal Sound System JIS di Tengah Masalah Banjir Jakarta...

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penanggung jawab JIS pun angkat bicara.

Manajer Proyek PT Jakpro Arry Wibowo mengatakan, proses check sound penting dilakukan untuk memastikan kualitas sistem suara yang terpasang di stadion bertaraf internasional tersebut.

"Memang sudah beberapa kali kita lakukan pengecekan untuk memastikan agar kualitas, baik dari sisi teknis, sambungan, dan lain-lain itu sudah ter-instal dengan baik," kata Arry.

Banjir di Jakarta

Sejumlah titik banjir yang muncul di Jakarta pada Selasa (18/1/2022) kemarin membuktikan bahwa kawasan Ibu Kota masih rawan banjir meski hujan yang turun hanya sebentar.

Gilbert menyayangkan aksi Anies yang lebih mementingkan JIS ketimbang masalah krusial di Jakarta.

"Saat ini banjir di Jakarta terjadi di beberapa titik, dan tidak satupun yang ditinjau Gubernur, tidak seperti acara nyanyi di JIS yang sampai dua kali ditampilkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Anies Diminta Serius Tangani Banjir, Bukan Urus Sound System JIS Berulang Kali

Lebih lanjut ia mengatakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) jelas memprediksi akan terjadi hujan deras dalam sepekan terakhir.

Namun, Anies tidak mengeluarkan pernyataan atau pun penjelasan mengenai kesiapan Jakarta menghadapi bencana musiman ini.

Gilbert juga menyinggung bahwa Anies tak pernah bersuara terkait kenaikan kasus Covid-19 pada Januari ini, di tengah lonjakan penularan virus corona varian Omicron.

Saat ini, kasus aktif Covid-19 di Jakarta berjumlah 4.297 kasus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com