Kompas.com - 22/02/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membangun turap Kali Mampang sebagai langkah antisipasi banjir di wilayah tersebut.

Camat Mampang Prapatan Djaharuddin mengungkapkan kendala yang dihadapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menjalani putusan tersebut.

Menurutnya, pembangunan turap sulit dilakukan karena sejumlah rumah warga berdiri di bantaran Kali Mampang. Untuk mengeksekusi pembangunan turap, maka pemerintah perlu melakukan penggusuran.

"Tentunya butuh pembebasan-pembebasan lahan. Kedua, rumah warga yang berada di pinggiran bantaran kali ini, tentunya harus kita tertibkan," kata Djaharuddin pada Senin (21/2/2022).

Baca juga: Tuntutan Warga terhadap Anies Dikabulkan PTUN, Alat Berat Dikerahkan untuk Keruk Lumpur di Kali Mampang

Selain itu, keberadaan rumah warga di bantaran kali juga mempersulit proses pengerukan lumpur.

Menurut Djaharuddin, rumah di bantaran kali bisa roboh karena proses pengerukan lumpur yang dilakukan oleh petugas dengan bantuan alat berat.

Robohnya rumah warga pinggiran kali karena proses pengerukan pernah terjadi sebelumnya.

"Banyak rumah warga di bantaran kali. Ini mempersulit kami juga untuk melakukan pengerukan lebih dalam karena akan menyebabkan permasalahan baru ,yaitu bisa saja rumah warga tersebut roboh," kata Djaharuddin.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Pemprov DKI melalui dinas Sumber Daya Air saat ini membuat bronjong atau doken sementara di lokasi-lokasi yang rawan longsor, bebernya.

Baca juga: Camat Sebut Pengerukan Kali Mampang Tak Terkait Tuntutan Warga terhadap Anies

Sebelumnya diberitakan, PTUN Jakarta memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyelesaikan pengerukan dan pembangunan turap Kali Mampang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.