Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Goreng Meroket Setelah Sempat Langka, Emak-emak: Merek Apa Saja yang Penting Beli!

Kompas.com - 17/03/2022, 15:35 WIB
Joy Andre,
Ivany Atina Arbi

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Minyak goreng yang sempat langka dalam beberapa waktu ke belakang akhirnya mulai beredar lagi di pasaran setelah pemerintah mencabut regulasi terkait harga eceran tertinggi (HET) yang harus dipenuhi pedagang.

Meski sudah tak lagi langka, minyak goreng yang kini beredar di pasaran dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi, yakni mencapai sekitar Rp 25.000 per liter.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan HET minyak goreng kemasan sebesar Rp 14.000 per liter.

Calon pembeli minyak goreng pun, yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga, tidak punya pilihan lain selain membeli kebutuhan pokok tersebut, meski dengan harga tinggi.

Baca juga: Minyak Goreng Kembali Melimpah Saat Harganya Naik, Warga: Terbukti Bukan Emak-emak yang Timbun

Untuk mengompensasi kenaikan harga, mereka pun memilih minyak goreng dengan merek yang tidak begitu terkenal, tetapi dijual dengan harga yang lebih murah.

Minyak goreng kemasan dengan merek Fitri, misalnya, dijual dengan harga Rp 23.195 per liter di salah satu swalayan di Bekasi. Minyak goreng lain dijual dengan harga lebih tinggi.

Minyak premium dengan bahan dasar Kanola ataupun jagung bahkan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 70.000 per liter.

Salah satu ibu rumah tangga bernama Nuri (47) mengatakan memilih untuk membeli minyak goreng bermerek Fitri karena harganya yang murah. Padahal, dia belum mengenal merek tersebut sebelumnya.

"Baru, baru hari ini (tahu). Karena saya butuh, makanya saya beli," kata Nuri kepada wartawan, Kamis (17/3/2022). Dia menilai, esensi minyak goreng sama apapun mereknya.

Baca juga: Akal-akalan Pemilik Usaha di Depok, Minyak Goreng Dikemas Ulang dengan Merek Wasilah 212

Ibu rumah tangga lain, Qori (45), mengaku sudah berkeliling hingga ke Jakarta untuk mencari minyak goreng kemasan dengan harga terjangkau. Namun, dia tidak menemukan minyak goreng sesuai harga yang diharapkan.

"Ke Superindo di Bintara dan Jakarta juga sudah. Semua harganya segitu (sudah naik)," ujarnya singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com