Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peminat Vaksin Booster Naik Imbas Kebijakan Mudik, Gerai Vaksinasi di Jakbar Sempat Kekurangan Stok

Kompas.com - 29/03/2022, 17:40 WIB
Mita Amalia Hapsari,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peminat vaksinasi Covid-19 disebut semakin tinggi menjelang momen bulan Ramadhan.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan, minat warga untuk divaksinasi meningkat seiring dengan dibolehkannya mudik bagi warga yang sudah melakukan vaksinasi ketiga atau booster.

"Kebijakan Presiden terkait mudik itu mewajibkan booster. Dampaknya kita lihat di lapangan, menjadikan tingkat minat warga terhadap booster jadi cukup tinggi," kata Ady di salah satu gerai vaksinasi di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Cerita Warga di Kota Bekasi Buru-buru Divaksinasi Booster demi Bisa Mudik Lebaran

Lantaran minat masyarakat yang tinggi, kata Ady, sejumlah gerai vaksinasi sempat kekurangan stok vaksin untuk memenuhi tingginya kebutuhan.

"Memang kebutuhan vaksin juga cukup tinggi, karena minat warganya yang memang cukup baik. Sempat beberapa kali kami lihat sempat kurang dosis (vaksin Covid-19)," ungkap Ady.

Menyikapi keadaan ini, pihaknya berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk memenuhi kekurangan vaksin yang terjadi di gerai-gerai.

"Kami berkoordinasi dengan puskesmas, sehingga kekurangan yang ada pada gerai bisa diakomodir. Kami akan melaksanakan vaksinasi di 56 kelurahan untuk mengakomodir kondisi tersebut," lanjut Ady.

Baca juga: Kapolres Tangsel Dilaporkan ke Propam Polri karena Diduga Halangi Eksekusi Rumah, Ini Tanggapannya

Adapun vaksinasi serentak tengah dilakukan hari ini di 34 titik di Jakarta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menargetkan, 102.000 warga di Jakarta akan divaksinasi Covid-19 melalui program hari ini.

"Untuk di wilayah Jakarta, dilaksanakan di 33 atau 34 titik secara serentak, kegiatan gabungan juga, targetnya 102.000 orang," kata Listyo.

Di gerai vaksinasi Universitas Trisaksi, Listyo mengatakan, pihaknya telah menyediakan 3.000 vaksin Covid-19 bagi warga yang membutuhkan vaksinasi, khususnya vaksinasi ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com