Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Rp 5 Juta di Kotak Amal Wihara Hilang, Polisi Tangkap OB dan Sekuriti

Kompas.com - 28/04/2022, 22:46 WIB
Mita Amalia Hapsari,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah uang dalam kotak amal di Vihara Dharma Bhakti di Jalan Kemenangan 3, Godok, Tamansari, Jakarta Barat, dilaporkan hilang.

Pengurus wihara, Shirley Wijaya, mengatakan bahwa hal itu baru disadari setelah ia melakukan pengecekan pada kotak amal yang berada dalam brankas.

"Saat dilakukan pengecekan, ditemukan brankas dalam keadaan rusak terbuka. Sejumlah uang tunai sekitar Rp 5 juta di dalamnya pun sudah tidak ada," kata Shirley dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Setelahnya, ia langsung memeriksa CCTV, tetapi tidak ada rekaman sama sekali. Teknisi lantas dipanggil untuk menangani, saat itu pengurus wihara baru mengetahui bahwa seseorang dengan sengaja memotong kabel CCTV.

Baca juga: Perampok Minimarket di Pagedangan Ambil Uang Rp 70 Juta dari Kasir dan Brankas

Shirley kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Metro Tamansari.

Setelah dilakukan penyelidikan, Kapolsek Metro Taman Sari Polres Metro Jakarta Barat AKBP Rohman Yonky Dilatha menyebutkan, bukti-bukti penyelidikan mengarah pada dua karyawan wihara.

"Dua pelaku berhasil kami amankan, di mana para pelaku merupakan orang yang bekerja di wihara tersebut," ujar AKBP Rohman Yonky Dilatha dalam keterangan resmi yang sama, Kamis.

Kedua pelaku masing-masing berinisial AK (31) yang bekerja sebagai office boy (OB) dan KP (22) yang bekerja sebagai petugas keamanan.

Kanit Reskrim Polsek Metro Taman Sari AKP Roland Olaf Ferdinan menambahkan, KP diamankan saat sedang bekerja, sedangkan AK sempat melarikan diri dan berhasil ditangkap pada Minggu (24/4/2022).

Baca juga: Video Viral Tembok Minimarket Dibobol Maling, Kasir Menangis Mencari Brankas

"AK diamankan di kediaman mertuanya di Kampung Nyompok Kramat Solear, Tangerang, Banten," kata AKP Roland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com