Kompas.com - 02/05/2022, 21:00 WIB
Penulis Joy Andre
|

DEPOK, KOMPAS.com - Sebanyak 750 narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok mendapatkan remisi khusus pada hari raya Idul Fitri 2022.

Penyerahan remisi tersebut dilakukan setelah Rutan Kelas I menggelar shalat Idul Fitri yang dilakukan bersama warga binaan.

"Remisi Khusus Umum (RK I) diberikan kepada 724 orang, sedangkan RK II diberikan kepada 26 orang," kata Kalapas Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan, dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Kompas.com, Senin (2/5/2022).

Baca juga: Dapat Remisi Lebaran, Napi di Purworejo: Ini Momen yang Ditunggu-tunggu

Andi mengatakan, bahwa dari 26 orang yang diberikan RK II, sebanyak empat orang di antaranya langsung diberikan vonis bebas.

Pemberian remisi ke ratusan narapidana, lanjut Andi, diberikan kepada warga binaan yang sudah memenuhi syarat administratif dan subtantif.

Andi berharap, untuk semua warga binaan yang mendapatkan remisi, nantinya dapat menjadi warga negara yang taat akan hukum.

"Untuk semua narapidana yang mendapatkan remisi, bisa berubah menjadi lebih baik dan taat akan hukum," harap Andi.

Baca juga: 899 Narapidana di Bali Dapat Remisi Idul Fitri, 2 Orang Langsung Bebas

Diketahui, kegiatan pemberian remisi untuk warga binaan tersebut didampingi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yakni Sudjonggo.

Selain itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok Abdul Rahman juga turut hadir dalam acara shalat id dan pemberian remisi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.