Kompas.com - 04/06/2022, 09:10 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Polres Metro Tangerang Kota menangkap seorang pria bernama Zulkifli (43), warga Betung, Lampung Selatan.

Pria yang berdomisili di Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, itu ditangkap setelah mengaku sebagai anggota polisi untuk memeras korban berinisial HJ.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengungkapkan, pelaku ditangkap anggota piket siaga Reskrim Polres Metro Tangerang Kota usai berupaya memeras korban dengan modus mengaku sebagai anggota polisi.

"Pelaku melancarkan aksinya di Apartemen Modernland Kota Tangerang dengan mengaku sebagai anggota Polri," ungkap Zain kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Baca juga: Ketika Sepasang Kekasih di Tangerang Bersekongkol Bunuh Sang Mantan...

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan korban, kejadian berawal saat korban sedang berada di lokasi, tiba-tiba korban ditegur oleh pelaku yang mengaku polisi.

Pelaku lalu meminta sejumlah uang kepada korban sebagai jaminan.

"Karena korban merasa bingung, ia menolak permintaan tersebut. Kemudian, pelaku langsung merebut telepon genggam yang dipegang oleh korban. Ketika ditanya, pelaku langsung pergi meninggalkan korban," ungkap Zain.

Atas kejadian itu, korban kemudian melapor kepada anggota Reskrim yang sedang bertugas. Petugas yang menerima laporan korban langsung bergerak menangkap pelaku tersebut.

Baca juga: Antrean Shuttle Bus Penonton Formula E Mengular di JIExpo, Sopir Diminta Berangkat Tanpa Tunggu Kursi Penuh

Zain pun meminta masyarakat yang pernah menjadi korban serupa untuk dapat melapor ke Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota.

"Dari tangan pelaku kami mengamankan barang bukti satu buah tanda kewenangan Polri (palsu), handphone, dan sejumlah uang diduga hasil kejahatan. Kasus ini masih terus kami kembangkan untuk mengungkap pelaku melakukan kejahatan serupa di beberapa tempat di wilayah hukum yang berbeda," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.