Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Stasiun Matraman, Kepadatan Stasiun Manggarai Bakal Terurai?

Kompas.com - 17/06/2022, 11:11 WIB
Larissa Huda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Matraman, Jakarta Timur, mulai uji coba operasional kereta rel listrik (KRL) commuter line pada hari ini, Jumat (17/6/2022).

Uji coba ini dilakukan setelah Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) telah merampungkan pembangunan Stasiun Matraman. Stasiun Matraman berlokasi di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur.

Baca juga: Hari Ini Stasiun Matraman Layani Uji Coba Penumpang KRL, Simak Rutenya

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno meyakini rencana tersebut maka akan mengurai penumpukkan orang di stasiun transit, seperti Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

"Keuntungannya, orang yang bekerja di sekitar Stasiun Matraman dari Tangerang dan sebagainya akan lebih dekat," ujar Djoko kepada Kompas.com dikutip Jumat (17/6/2022).

Dari Stasiun Matraman, kata Djoko, masyarakat bisa berjalan kaki ke tempat kerja. Pasalnya, Djoko melihat area Matraman juga banyak dijumpai gedung perkantoran.

Baca juga: Stasiun Matraman Mulai Uji Coba Operasional KRL Hari Ini, Pengguna Masih Sepi

"Kalau turun dari Manggarai, mereka harus sewa ojek online mahal. Jadi, ini mendekatkan orang-orang yang bekerja di sekitar Matraman," ujar Djoko menambahkan.

Selain itu, Djoko menilai keberadaan Stasiun Matraman juga bisa memberikan alternatif bagi penumpang yang biasa turun di Stasiun Jatinegara. Selama ini, kata dia, masyarakat masih kesulitan akses keluar masuk stasiun transit itu.

"Stasiun Jatinegara itu juga susah. Selama ini keluarnya bingung itu. Angkutan minim dan cari taksi sulit," ujar Djoko.

Adapun Stasiun Matraman merupakan lanjutan dari proyek strategis pemerintah dalam membangun Infrastruktur Perkeretaapian, yaitu Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai–Cikarang.

Dikutip dari laman krl.co.id, stasiun dua lantai ini diharapkan dapat melayani pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah Jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu.

Pasalnya, letak Stasiun Matraman sangat strategis di mana sisi timur stasiun langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman yang terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta Koridor 5.

Dengan begitu, pengguna KRL yang turun atau naik di Stasiun Matraman dapat melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lain secara muda

Rute uji coba Stasiun Matraman

Stasiun Matraman akan melayani perjalanan KRL lintas Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang. Stasiun Matraman akan diuji coba selama satu minggu ke depan.

Hal tersebut menjadi alternatif pengganti bagi KRL Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota yang sudah tidak aktif. Adapun jalur KRL Cikarang/Bekasi akan langsung ke Kampung Bandan.

Bagi penumpang dari arah Bekasi akan melewati Stasiun Jatinegara sebelum akhirnya tiba di Stasiun Matraman. Begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Cerita Warga Kecele Hendak Naik KRL dari Stasiun Matraman, Ternyata Uji Coba Operasional Diundur Besok

Penumpang dari arah Kampung Bandan yang ingin turun di Stasiun Matraman, KRL akan berhenti Stasiun Matraman setelah singgah di Stasiun Manggarai.

Pantauan di lokasi, Jumat pagi, pengguna KRL yang naik atau turun dari Stasiun Matraman masih sepi.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, hingga pukul 08.00 WIB, ada sekitar 100 pengguna yang naik atau turun dari Stasiun Matraman.

Pantauan di lokasi, fasilitas seperti kartu tap, lift, eskalator hingga commuter line ticket vending machine telah berfungsi dengan baik. Hanya terdapat dua peron di Stasiun Matraman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com