Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Kasus Covid-19 Melonjak, Polda Metro Imbau Warga Tak Takbir Keliling Jelang Idul Adha

Kompas.com - 08/07/2022, 15:35 WIB
Tria Sutrisna,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mengimbau warga Ibu Kota dan sekitarnya agar tidak melaksanakan takbir keliling pada malam jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, imbauan tersebut disampaikan untuk meminimalkan potensi penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi.

Imbauan tidak melaksanakan takbir keliling juga disampaikan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah Hari Raya Idul Adha.

Baca juga: Epidemiolog Ingatkan Pemerintah Jaga Kewaspadaan Masyarakat, Pandemi Covid-19 Belum Selesai

"Dalam situasi saat ini, masih pandemi, memang kami diharapkan masyarakat tidak melakukan banyak perkumpulan-perkumpulan seperti pada saat malam takbir," ujar Zulpan kepada wartawan, Jumat (8/7/2022).

"Seperti yang tahun lalu juga kan seperti itu imbauannya kepada masyarakat, karena berpotensi nanti menjadikan bertambahnya kasus Covid-19 yang ada," sambungnya.

Di samping itu, lanjut Zulpan, imbauan untuk tidak melakukan takbir keliling juga bertujuan  mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha.

Baca juga: Gubernur Anies Akan Shalat Idul Adha di Jakarta International Stadium

"Tentunya Polda Metro Jaya sebagai penanggung jawab keamanan Ibu Kota, kami akan melakukan pengamanan dalam setiap kegiatan keagamaan ini," kata Zulpan.

Sebagai informasi, Kementerian Agama (Kemenag) telah melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Zulhijah dan Hari Raya Idul Adha 2022 pada Rabu (29/6/2022) pukul 18.15 WIB.

Hasilnya, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

"Dari 86 titik belum ada yang melihat hilal. Oleh karenanya,berdasarkan hisab belum memenuhi kriteria, dan laporan hilal belum terlihat, bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022," ujar Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi dalam konferensi pers sidang isbat yang digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag RI, Rabu (29/6/2022).

Hal itu selaras sebagaimana dijelaskan posisi hilal oleh Peneliti Astronomi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin.

Ia menerangkan, berdasarkan kriteria RJ awal Zulhijah 1443 adalah pada tanggal 1 Juli 2022, sehingga Idul Adha jatuh pada 10 Juli 2022.

Meski begitu, terdapat sejumlah umat Islam yang melaksanakan shalat ied dan merayakan Hari Raya Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022). Di antaranya adalah kelompok Muhammadiyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com