Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Bandara Pondok Cabe Layani Penerbangan ke Blora dan Purbalingga

Kompas.com - 05/08/2022, 12:00 WIB
Annisa Ramadani Siregar,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, mulai melayani penerbangan komersial rute Purbalingga dan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).

Penerbangan perdana diresmikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo dan Presiden Direktur Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi.

Hadir pula Deputi III Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Bupati Blora Arief Rohman, dan petinggi Wings Air lainnya.

Baca juga: Bandara Pondok Cabe Beroperasi 5 Agustus, Wings Air Jadwalkan Terbang Satu Kali dalam Seminggu

Bambang berharap, pembukaan penerbangan komersial ini bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah, khususnya kawasan yang mengalami kendala akses.

"Khususnya daerah-daerah yang selama ini nanggung untuk ke pusat kota," ujar Bambang, di Bandara Pondok Cabe, Jumat.

Selain itu, ia mengatakan, biaya penerbangan yang diterapkan masih tinggi. Hal ini terjadi seiring tingginya harga bahan bakar pesawat atau avtur yang ikut memengaruhi harga tiket.

"Tiket atau biaya cukup tinggi. Kalau sekarang Rp 1,4 juta, sebelumnya hanya Rp 800.000-an, karena avtur naik. Sementara komitmen penerbangan perintis itu krusial," jelas politisi Partai Golkar itu.

Adapun maskapai Wings Air akan melayani penerbangan dari Bandara Pondok Cabe ke Purbalingga dan Cepu.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, sebagai tahap awal Wings Air akan melakukan penerbangan satu kali dalam seminggu.

"Wings Air optimistis operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian," kata Danang dalam keterangannya, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Bandara Pondok Cabe Layani Penerbangan Komersial, tapi Hanya Sementara

Danang mengatakan, untuk penerbangan perdana, Wings Air akan melayani rute penerbangan dari Pondok Cabe (PCB) ke Purbalingga (PWL) pada 5 Agustus 2022 pukul 8.20 WIB dan tiba pukul 9.30 WIB.

Kemudian, pada hari yang sama maskapai Wings Air melayani penerbangan dari Purbalingga ke Pondok Cabe pukul 9.50 WIB dan tiba pukul 11.00 WIB.

Selanjutnya, maskapai Wings Air melayani penerbangan rute Pondok Cabe (PCB) ke Cepu Blora (CPF) pada pukul 11.20 WIB dan tiba pukul 12.55 WIB. Lalu, pada hari yang sama, penerbangan dari Cepu Blora ke Pondok Cabe pukul 13.15 dan tiba pukul 14.45 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com