Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Ada Gerai Uji Emisi di Kawasan Kota Tua, Kendaraan Tanpa Stiker Lulus Tes Akan Ditindak Tegas

Kompas.com - 25/08/2022, 17:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat membuka gerai uji emisi kendaraan bermotor di kawasan Kota Tua.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat Affandi Nofrisa berujar, gerai uji emisi ini dibuka untuk meningkatkan kualitas udara di lokasi wisata tersebut. Menurut dia, kawasan Kota Tua ini merupaka zona rendah emisi.

"Yang boleh masuk ke sini ya salah satunya para tenant yang masih melayani pelayanan masyarakat serta warga sekitar Kota Tua yang lulus uji emisi," kata Affandi dilansir dari Antara, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Kenakan Denda bagi Kendaraan yang Belum Uji Emisi pada Akhir 2022

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah yang berkaitan dengan program Low Emission Zone atau zona Rendah Emisi di Kota Tua yang telah dimulai sejak Februari 2021. Saat ini, ujar Affandi, kegiatan ini sudah masuk ke penerapan di tahap ke III.

Menurut Affandi, seluruh kendaraan pegawai yang beraktivitas di kawasan Kota Tua dan warga setempat akan dilakukan uji emisi secara gratis. Jika lolos uji emisi, kendaraan akan diberikan stiker bertuliskan "Lulus Emisi Test".

Jika kendaraan yang tidak memiliki stiker itu mencoba masuk ke kawasan Kota Tua, maka petugas akan menindak kendaraan tersebut.

Affandi menegaskan, kebijakan ini hanya berlaku untuk kendaraan pegawai atau karyawan di wilayah Kota Tua dan warga yang tinggal di lokasi tersebut.

Adapun kendaraan di luar kategori tersebut tidak diperkenankan berlalu-lalang di kawasan Kota Tua.

Baca juga: Tak Hanya Kendaraan, Pemkot Jakarta Barat juga Imbau Pabrik-pabrik Lakukan Uji Emisi

"Kami batasi kendaraan, bukan aktivitasnya. Bagi yang tidak berkepentingan, dilarang memasuki area Kota Tua demi menjaga kualitas udara," kata Affandi.

Untuk hari ini (25/8/2022) dan Jumat (26/8/2022), kata Affandi, gerai uji emisi digelar di jalan sepanjang Toko Merah Kota Tua. Selanjutnya gerai uji emisi kendaraan dibuka di Jalan Cengkeh.

Affandi berharap warga bisa memahami peraturan tersebut demi menjaga kualitas udara di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat (Jakbar).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke