Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ajang Street Race, Jalan Benyamin Sueb Kemayoran Bakal Ditutup Mulai 2 September 2022

Kompas.com - 01/09/2022, 10:44 WIB
Tria Sutrisna,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya berencana menutup sebagian ruas Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat mulai Jumat (2/9/2022) malam.

Penutupan dilakukan seiring dilaksanakannya ajang Street Race seri keempat oleh Polda Metro Jaya di kawasan tersebut hingga 4 September 2022.

"Ditutup sementara mulai hari Jumat lah untuk loading barang. Jadi sudah mulai pengalihan arus. Tanggal 2 September mungkin sudah mulai pengalihan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dikonfirmasi, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Sempat Ditunda, Street Race Polda Metro Jaya di Kemayoran Bakal Digelar 3-4 September 2022

Menurut Latif, rekayasa lalu lintas tersebut rencananya dilaksanakan hingga Minggu (4/9/2022), sampai kegiatan tersebut selesai.

Pengendara roda dua maupun roda empat yang hendak melintas di Jalan Benyamin Sueb nantinya bakal dialihkan ke jalan lain di sekitarnya.

Carolus Dori Street Race Seri ke-4 rencananya berlangsung akhir pekan ini 27-28 Agustus 2022. Namun, gelaran balap liar legal inisiasi Polda Metro Jaya itu diundur menjadi 3-4 September 2022.


"Terkait lokasinya sudah mendapatkan perizinan, dan untuk lokasi pengalihan arusnya juga sudah kita siapkan," kata Latif.

"Jalur di kawasan sana kan banyak sekali kan. Saya rasa tidak menggangu lah aktivitas masyarakat, kan hari libur," sambung dia.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memastikan ajang street race seri keempat di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat akan digelar pada 3–4 September 2022.

Latif Usman menjelaskan, kegiatan untuk menekan aksi balap liar di jalan raya itu sebelumnya akan digelar pada 27-28 Agustus 2022.

Namun, kepolisian memutuskan untuk menunda pelaksanaan kegiatan tersebut dan menjadwalkan ulang menjadi akhir pekan ini

Baca juga: Polda Metro Jaya Berencana Gelar Street Race Seri Keempat di Kemayoran

"Jadi bisa saya sampaikan untuk street race itu tanggal 3 dan 4 September 2022," ujar Latif saat dikonfirmasi, Kamis (1/9/2022).

Menurut Latif, balapan sepeda motor di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran itu dapat diikuti oleh peserta dan ditonton oleh masyarakat secara gratis.

Sekitar 300 pebalap motor jalanan telah mendaftarkan diri sebagai peserta gelaran street race seri keempat tersebut.

Data tersebut berdasarkan jumlah pendaftar yang dicatatkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sampai Rabu (31/8/2022) kemarin.

"Sesuai dengan rilis kemarin. Peserta dan penonton kita gratiskan semuanya. Terus untuk peserta yang sudah mendaftar sampai siang kemarin sudah 300-an lebih peserta," kata Latif.

Baca juga: Setelah Fasilitasi Street Race, Polda Metro Jaya Bakal Gelar Citayam Fashion Week?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com