Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Perampokan Toko Emas di Serpong, Dengar Bunyi Tembakan dan Lihat Pelaku Pegang Pistol

Kompas.com - 16/09/2022, 18:53 WIB
Annisa Ramadani Siregar,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Salah seorang saksi berinisial K mengaku sempat berencana menggagalkan perampokan toko emas di salah satu mal kawasan Serpong, Tangerang Selatan, pada Jumat (16/9/2022).

K merupakan penjaga toko yang bersebelahan dengan toko emas itu. Saat perampokan, dia bersembunyi di balik tiang dekat toko emas sambil mencari-cari benda yang bisa dilempar ke pelaku. Namun, perampok tersebut sudah terlanjur kabur.

"Saya tahunya pas sudah bunyi tembakan, terus lihat dia (pelaku) megang pistol," ujar K di lokasi, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Toko Emas di Mal Kawasan Serpong Dirampok, Pelaku Bersenjata Api

Dalam sekejap, pelaku meraup sejumlah kalung emas dar etalase yang telah ditembak terlebih dahulu.

"Pas dia mau kabur, saya ngumpet di situ (belakang tiang) sambil mencari sesuatu yang bisa dilempar," tutur K.

Saksi lainnya berinisial M, mengaku mengetahui kejadian itu saat mendengar bunyi kaca pecah dari etalase yang ditembak.

Kemudian ia menengok ke arah sumber suara. Seketika M kaget saat melihat pria dengan pakaian serba hitam memegang pistol.

Saat pelaku berbalik badan untuk kabur, M menyaksikan pelaku mengarahkan senjata ke semua orang yang ada di lokasi.

"Saya tahunya pas sudah bunyi kaca pecah, terus saya lihat pelakunya pakai masker, topi, jaket, sama celana serba hitam," kata M.

"Pas pelaku mau kabur dia nodongin senjata ke sekuriti sama ke semua yang ada di sini, saya langsung tiarap," pungkas dia.

Baca juga: Polisi Temukan Selongsong Peluru dari Senjata Perampok Toko Emas di Serpong

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Tangerang Selatan, AKBP Sarly Sollu mengatakan, perampok mendatangi toko emas tersebut sambil menodongkan senjata kepada para karyawan. Peristiwa perampokan ini terjadi sekitar pukul 11.47 WIB.

"Dia (pelaku) langsung menodongkan senjata ke etalase emas dengan cara menembakkan satu peluru, kemudian dia mengambil (emas) dari salah satu etalase yang sudah pecah kacanya," ujar Sarly di lokasi, Jumat.

Setelah beraksi, pelaku langsung kabur melalui pintu utara yang berada tepat di samping toko. Pelaku juga sempat dikejar oleh satuan pengamanan mal yang sedang berjaga. Namun, pelaku lolos karena menodongkan senjata ke arah petugas keamanan.

"Karena (pelaku) menodongkan senjata, dari satuan pengamanan ini ragu, kemudian dia kabur hingga kehilangan jejak. Pelaku kabur dari pintu arah keluar (utara)," kata Sarly.

Baca juga: Perampok Toko Emas di Serpong Kenakan Pakaian Serba Hitam untuk Sembunyikan Identitas

Dari tempat kejadian perkara (TKP), polisi menyita alat bukti berupa satu buah selongsong, proyektil dan beberapa pecahan kaca.

Pantauan Kompas.com di lokasi, toko emas tersebut sudah ditutup dan dipasangi garis polisi. Hingga pukul 16.50 WIB, aparat kepolisian masih melakukan pengecekan di tempat kejadian perkara (TKP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com