Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepak Terjang M Taufik Bersama Gerindra: Blak-blakan Dukung Anies, Sempat Akan Dipecat hingga Undur Diri dari Partai

Kompas.com - 06/10/2022, 15:34 WIB
Larissa Huda

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Politikus Partai Gerindra Muhammad Taufik secara resmi telah mengundurkan diri. Hal itu disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Kamis, (6/7/2022).

Kiprah Taufik pun tidak bisa diabaikan begitu saja. Taufik pun sempat mengungkit perjuangannya membangun Partai Gerindra di DKI Jakarta dari nol.

Bahkan, Taufik pernah bercerita ia pernah berkampanye memperkenalkan partai berlambang kepala garuda itu hanya di hadapan tiga orang saja.

Taufik juga menyebut dirinya berhasil memenangkan dua pasangan gubernur dan wakil gubernur yang diusung Gerindra, yakni pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Dia juga berhasil menaruh dua kader Gerindra di posisi orang nomor dua di DKI Jakarta. Teranyar, politisi Gerindra Ahmad Riza Patria saat ini menduduki jabatan sebagai wakil gubernur Jakarta.

Baca juga: Tak Dukung Prabowo, M Taufik Dipanggil Majelis Kehormatan Gerindra Usai Doakan Anies Jadi Presiden

Undur Diri Karena Sakit

Partai Gerindra telah menerima surat pengunduran diri M Taufik. Menurut Riza, pengunduran diri itu diajukan lantaran Taufik dikabarkan tengah mengidap kanker paru-paru yang sudah menjalar hingga kaki.

"Beliau mengundurkan diri dari keanggotaan partai dan mundur dari anggota DPRD DKI Jakarta fraksi Gerindra karena beliau sedang sakit, membutuhkan waktu dan perawatan," tutur Riza.

Sebelumnya, M Taufik mengaku akan memberikan kejelasan statusnya soal bergabung atau tidaknya dia ke Partai Nasdem.

Taufik menyatakan akan keluar dari Gerindra karena dia mendukung Anies menjadi capres pada Pilpres 2024. Anies diketahui telah dideklarasikan sebagai capres oleh Partai Nasdem.

Kendati demikian, Riza mengatakan pengunduran diri M Taufik tak ada hubungannya dengan sikap dia yang mendukung Anies sebagai calon presiden.

Baca juga: Blak-blakan M Taufik Dukung Anies Maju Pilpres 2024: Dia Memang Pintar, Saya Jujur Saja

Blak-blakan Dukung Anies Maju Pilpres 2024

Taufik secara blak-blakan mendukung Anies untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Menurut Taufik, Anies adalah tokoh yang cerdas dan cocok untuk memimpin bangsa.

"Kalau saya dukung Anies karena dia memang pintar, saya jujur saja," tutur dia kepada awak media, Jumat (9/9/2022).

Taufik menegaskan, ia mendukung Anies tanpa mengharapkan imbalan apa-apa dari politisi non-parpol itu.

"Saya enggak kepingin apa-apa. Sudah, kita begini saja, yang penting kalau saya telfon (itu) diangkat. Kalau saya minta waktu (itu) diterima, itu doang," urai Taufik.

Pernyataan dukungan terhadap Anies pertama kali dilontarkan Taufik pada Februari lalu. Saat itu, Taufik dikukuhkan menjadi Ketua Umum Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya periode 2022-2027.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com