Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tak Biasa Keluarga di Kalideres Jual Barang: Diletakkan di Luar Rumah, Tinggal Diambil Pembeli

Kompas.com - 24/11/2022, 14:36 WIB
Tria Sutrisna,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mengungkap cara satu keluarga yang tewas secara misterius di Kalideres, Jakarta Barat, menjual barang atau aset yang dimiliki.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menjelaskan bahwa pihak keluarga berkomunikasi dengan calon pembeli melalui ponsel.

Setelah itu, barang yang hendak dijual diletakkan di depan rumah agar bisa langsung diambil oleh pembeli tanpa harus masuk atau berinteraksi dengan para korban.

"Sempet masuk atau tidak? Ternyata barangnya sudah disiapkan di luar, tinggal ngambil aja," ujar Hengki kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Dua Pekan Berlalu: Misteri Satu Keluarga yang Tewas Membusuk di Kalideres Kian Terkuak, Polisi Ungkap Petunjuk Penting

Menurut Hengki, hal itu diketahui setelah penyidik memeriksa riwayat komunikasi dari dua unit telepon milik satu keluarga itu.

Dari situ, penyidik bersama tim ahli mendapat petunjuk siapa pihak-pihak yang sempat membeli barang milik keluarga tersebut.

"Dari digital forensik tercatat riwayat komunikasi yang menjadi petunjuk kami. Siapa yang menghubungi siapa," kata Hengki.

"Misalnya kemarin yang koperasi simpan pinjam itu dengan Budiyanto. Dari sini kami ketemu lagi yang lain. Oh ini pas dia mau jual barang," sambungnya.

Namun, Hengki belum mau mengungkap siapa sosok dari keempat keluarga tersebut yang kerap berkomunikasi dengan para pembeli.

Baca juga: Update Kasus Kalideres: Misteri Isi Pesan Bernada Negatif hingga TKP Tak Lagi Steril

Dia juga tidak menjelaskan mengenai cara pembayaran dari pembeli kepada anggota keluarga yang menjual. Motif penjualan maupun aliran dana hasil transaksi pun masih terus diselidiki.
`
"Itu semua yang sedang kami teliti. Penyelidikan Itu kan berkesinambungan. Setiap mendapat petunjuk kami dalami," pungkasnya.

Temuan 4 mayat dalam satu rumah

Empat orang anggota keluarga ditemukan tewas di dalam rumahnya, Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, pada 10 November 2022.

Jasad satu keluarga yang telah membusuk itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat yang merasa terganggu dengan bau tak sedap di dekat rumah tersebut.

Keempat jasad itu, yakni Rudyanto Gunawan (71) yang ditemukan dalam posisi tertidur di atas kasur di kamar belakang.

Baca juga: Anak Keluarga di Kalideres Masih Berikan Susu pada Mayat Ibunya, Ahli Duga Abnormalitas Psikologis Tertentu

Kemudian, istri Rudyanto bernama Margaretha Gunawan (68) ditemukan di kamar depan dalam posisi tertidur di atas kasur.

Di kamar yang sama juga ditemukan jasad anak dari Rudyanto-Margaretha bernama Dian (40), tetapi letaknya di lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com