Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Mudahnya Perjalanan Kereta dengan E-ticketing

Kompas.com - 25/05/2013, 06:32 WIB

KOMPAS.com - Sekarang perjalanan Anda dengan kereta api kini semakin mudah dengan segera diterapkannya layanan E-ticketing atau tiket elektronik untuk seluruh perjalanan KRL di Jabodetabek. PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) saat ini terus melakukan ujicoba sistem dan memasang perangkat otomatisasi di 63 stasiun di Jabodetabek. Ujicoba yang telah dijalankan sejak 8 April 2013 lalu tersebut dimulai dari lintas Duri-Tangerang, lintas Jakarta Kota-Depok dan lintas Lingkar Jakarta.

Agar sosialisasi penggunaan sistem ini dipahami, ujicoba yang dilakukan melibatkan penumpang secara langsung. Pada jam-jam tertentu penumpang pembeli tiket kertas akan diberikan kartu e-ticketing. Program yang akan diterapkan mulai juni 2013 ini dimulai dengan penjualan tiket kartu untuk satu kali perjalanan atau single trip. Untuk menggunakan tiket satu kali perjalanan ini penumpang cukup menempelkan kartu di perangkat pintu masuk atau gate in di stasiun awal, dan setibanya di stasiun tujuan kartu tersebut tinggal dimasukkan ke dalam slot di perangkat pintu keluar atau gate out, perjalanan pun selesai.

Selain tiket satu kali tujuan atau single trip, PT KCJ juga akan memberlakukan tiket multi trip, yaitu tiket berlangganan dengan sistem potong saldo tanpa masa kedaluwarsa, dengan begitu penumpang lebih dimudahkan tanpa perlu mengantri di loket.

Agar penerapan E-ticketing dapat dilakukan menyeluruh, PT KAI (Persero) dan PT KCJ telah melakukan sterilisasi di 63 stasiun jabodetabek dan memasang 323 perangkat gate elektronik di pintu masuk dan pintu keluar, sistem loket juga dibenahi dengan pemasangan 462 perangkat otomatisasi sistem di semua loket.

    

Direktur PT KAI Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo, mengatakan, E-Ticketing akan memberikan manfaat yang besar, salah satunya penerapan mekanisme penghitungan tarif baru, yakni tarif progresif yang dapat diakomodir melalui sistem tersebut. Diterapkannya program E-ticketing di KRL Jabodetabek juga diharapkan dapat membantu mewujudkan program pemerintah, yaitu, program integrasi antar moda dan sistem pembayaran elektronik (e-money).

Dengan kerjasama dari seluruh stakeholder khususnya pengguna jasa KRL, PT KAI (Persero) dan PT KAI Commuter Jabodetabek berharap agar program yang akan dijalankan ini dapat berjalan dengan lancar. Penerapan E-ticketing sendiri sepenuhnya adalah wujud peningkatan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa KRL. Kedepannya layanan dari sisi sarana dan prasarana akan terus ditingkatkan sebagai wujud perbaikan dan pengembangan  KRL di Jabodetabek. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com