Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Pekan Depan, Terowongan Dekat Stasiun Cawang Akan Dibuat Searah

Kompas.com - 04/08/2015, 18:17 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan akan membuat sistem satu arah (SSA) untuk jalan di Terowongan Cikoko, samping Stasiun Cawang, Tebet, Jakarta Selatan. Penerapannya akan dimulai pekan depan.

Kasudinhub Jakarta Selatan Priyanto mengatakan, SSA akan diterapkan di terowongan tersebut dari arah selatan menuju ke utara, alias dari arah Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta ke arah Stasiun Cawang.

"Arahnya itu selatan ke utara. Jadi nantinya kendaraan dari arah sebaliknya tidak boleh lagi melintas," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2015).

Penerapan SSA rencananya akan dilakukan pada Selasa 11 Agustus 2015 mendatang. Namun, penerapan SSA belum akan dilakukan sepanjang hari, melainkan hanya pada pagi dan sore hari yakni pada jam-jam sibuk.

"Pemberlakuan untuk pagi pukul 5.30-10.00, dan sore pukul 16.00-20.00," ucapnya. Menurut dia, SSA perlu dilakukan di sana. Sebab, jalan tersebut kerap mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk karena tingginya volume kendaraan yang melintas.

Saat ini, kata dia, pihak Sudin sedang akan melakukan sosialisasi di lokasi tersebut. Priyanto mengatakan jajarannya akan memasang spanduk dan membagikan leaflet kepada para pengguna jalan.

"Kami juga telah melakukan rapat dengan instansi terkait. Jadi besok kami mulai sosialisasi sampai tanggal 10 Agustus, tanggal 11 Agustus kami uji coba. Kalau efektif, maka akan kami teruskan, dan tidak menutup kemungkinan penerapannya jadi sepanjang hari," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com