Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok Kesal dengan BPBD yang Tak Pernah Informasikan Genangan Saat Surut

Kompas.com - 22/04/2016, 13:52 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketika memimpin rapat terbuka membahas genangan yang muncul di Pademangan dan Gunung Sahari, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sempat melontarkan kemarahannya pada Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD). Kemarahannya berkaitan dengan kebiasaan BPBD dalam menyampaikan informasi melalui Twitter.

Menurut Ahok, BPBD acap kali hanya menginformasikan saat genangan muncul, tetapi tidak pernah memberikan informasi lanjutkan saat genangan itu telah hilang karena cepat diatasi.

"Nge-tweet banjir, 10 sentimeter, 100 sentimeter. Begitu surut dua jam, kagak di-tweet lagi," kata Ahok.

Ahok mengatakan, kebiasaan BPBD ini membuatnya sulit untuk mengukur kinerja instansi lain yang terkait dengan penanganan banjir.

"Harusnya pas lo tweet banjir, pas sudah surut, lo tweet juga dong supaya kita tahu ini Tata Air sudah kerja apa belum," kata dia lagi. (Baca: Ahok "Semprot" Wali Kota Jakut karena Ada Pompa Dimatikan)

Selain menyororoti cara penyampaian informasi, Ahok juga menyinggung BPBD yang tidak pernah terlibat dalam upaya penanggulangan bencana. Ia menilai selama ini BPBD lebih sebagai berfungsi instansi yang menyampaikan informasi.

"Anda kan badan penanggulangan bencana, penanggulangan toh. Kalau cuma nge-tweet suruh saja anak-anak ini (anak magang)," kata Ahok. (Baca: Kepercayaan Ahok pada PPSU meski Jakarta Masih "Dihantui" Banjir)

Kompas TV Pemprov DKI Siap Bangun Tanggul Sepanjang 95 Km
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com