Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbauan agar Video "Bullying" Siswa SMAN 3 Jakarta Tidak Disebarluaskan

Kompas.com - 03/05/2016, 12:23 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengimbau agar video aksi bullying terhadap siswa SMAN 3 Jakarta yang beredar di YouTube segera dihapus atau diblokir.

Adapun dalam video tersebut terdapat adegan yang dinilai tidak pantas untuk dilihat, seperti adegan memaki-maki dan memaksa siswa mengenakan bra di luar.

"Peredaran video ini perlu distop. Kemenkominfo perlu block, dan masyarakat jangan terus menyebarkan video tersebut karena bisa dikategorikan sebagai tindak pidana dan akan melahirkan stigma buruk pada anak," kata Niam kepada Kompas.com, Selasa (3/5/2016).

Dalam video yang beredar, ada beberapa siswa yang mengenakan seragam terlihat sedang jongkok. Mereka dikelilingi oleh siswa-siswa yang berseragam batik biru dengan rok putih. Kepala siswa yang jongkok sempat disiram oleh siswa lain.

Setelahnya, kepala siswa tersebut juga disiram abu rokok dan diminta untuk menghisap rokok tersebut.

Selain meminta video itu berhenti ditayangkan, Niam juga meminta agar pihak sekolah segera menginvestigasi kejadian tersebut serta berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk orangtua para siswa yang terlibat.

Kepala SMAN 3 Jakarta Ratna Budiarti mengungkapkan, peristiwa di dalam video yang beredar terjadi pada Kamis pekan lalu, tepat setelah jam pulang sekolah. Siswa kelas X dibawa keluar sekolah oleh siswa kelas XII. Pihaknya masih memeriksa para siswa dan mendalami kejadian itu lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com