Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Angkat Ahok Ceritakan Ibunya yang ke TPS Saat Sekarat untuk Pilih Ahok

Kompas.com - 29/11/2016, 19:17 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakak angkat Basuki Tjahaja Purnama, Andi Analta Amir, menceritakan kedekatan Basuki dengan ibunya, Misribu Andi Baso Amier. Menurut dia, rasa sayang Misribu kepada Basuki atau Ahok bahkan ditunjukan hingga nafas terakhirnya.

"Ada kisah, bahwa di waktu pilkada (2012) lalu, ada satu suara yang mungkin karena suara inilah yang membuat Pak Ahok menang," ujar Andi di Rumah Lembang, Menteng, Selasa (29/11/2016).

"Ibu saya sakaratul maut di hari pemilihan, nyawa tinggal seperempat," tambah dia.

Andi mengatakan dia sendiri yang menggendong ibunya yang sedang sekarat dan membawanya ke dalam mobil. Andi mengendarai mobilnya sekencang mungkin menuju rumah sakit.

"Lagi ngebut begitu, dia minta belok. Kata saya wah ini sakaratul maut kalau diajak debat enggak boleh nih," ujar Andi. (Baca: Ahok Mengaku "Pusing" Tak Dapat Uang Operasional Selama Cuti)

Ternyata, ibunya mengarahkan Andi ke sebuah TPS di dekat rumah. Rupanya, Misribu ingin mencoblos Ahok terlebih dahulu ketika itu.

Andi mengatakan ketika itu petugas TPS membantu proses pencoblosan dengan membawa surat suara ke dalam mobil. Setelah selesai, barulah Misribu melanjutkan perjalanan ke rumah sakit.

"Bagi orang, 1 suara itu apa artinya sih? Tapi bagi ibu saya, satu suara sangat berarti. Bahkan di ujung usia dia pertaruhkan," ujar Andi.

Kompas TV Keakraban Ahok dan Yusril Ihza di Acara Adat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com