Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciliwung Siaga 2, Warga Bantaran Sungai Diminta Waspada Banjir Kiriman

Kompas.com - 14/04/2017, 07:24 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan lebat di kawasan Bogor menyebabkan kenaikan debit air pada Sungai Ciliwung meningkat. Hingga pukul 21.15 WIB, tinggi muka air sungai mencapai 170 sentimeter atau siaga dua.

"Diperkirakan pada sekitar Jumat pukul 05.00 WIB debit sungai tersebut akan tiba di Pintu Air Manggarai," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers, Jumat (14/4/2017).

Sutopo meminta warga yang tinggal di bantaran sungai waspadai banjir kiriman.

Daerah bantaran sungai yang diperkirakan terdampak banjir adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina dan Kampung Melayu. Daerah ini merupakan daerah langganan banjir.

Sutopo mengatakan, BPBD DKI Jakarta pun telah menyampaikan peringatan dini banjir kepada berbagai pihak.

Penyebaran informasi kepada warga atas kenaikan tinggi muka air Katulampa 170 cm/H atau siaga 2 melalui sosial media, seperti Twitter, Facebook, BBM, Whatsapp dan website.

"Penyebaran informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS) dan SMSBLAST sudah diaktifkan," kata Sutopo.

Sutopo mengatakan, diperkirakan banjir tidak terlalu besar karena di wilayah Jakarta tidak terjadi hujan lebat.

"Kondisi sungai Ciliwung di Depok dan Manggarai kondisi normal sehingga adanya tambahan kenaikan debit banjir tidak akan luas dan besar," kata dia.

Kompas TV Hujan deras membuat Kali Sunter meluap dan merendam permukiman warga di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com