Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janda Bakar Rumah Mantan Kekasih

Kompas.com - 07/08/2008, 08:11 WIB

JAKARTA, KAMIS - Suminah (30), janda asal Wonosobo, Jawa Tengah, membakar rumah mantan kekasihnya, Adi Triyanto (30), di RT 02/01 Kelurahan Jatijajar, Cimanggis, Depok, Rabu (6/8) pukul 02.00. Api yang tela membakar pintu dapur rumah Adi bisa dipadamkan sehingga tidak meluas.

Suminah yang masih ada di dekat rumah itu ketika api menyala ditangkap oleh ayah Adi, Yanto. Massa yang tahu aksi Suminah jadi marah. Wanita itu kemudian dipukuli serta ditendang dan tangannya diikat dengan tali serta diborgol. Akibat aksi massa, tangan Suminah terluka sedangkan kakinya bengkak. Dia berencana melaporkan penganiayaan tersebut.

Suminah mengaku nekat membakar rumah Adi dengan bensin gara-gara Adi menikah dengan wanita lain. ”Saya marah karena dia sudah menikah. Padahal dia sudah berjanji akan menikahi saya,” katanya saat ditemui di Kantor Kelurahan Jatijajar,  kemarin.

Suminah mengaku bekerja sebagai pembantu rumah tangga di kompleks perumahan Citra Grand Cibubur. Di tempat itu pula, sekitar dua tahun lalu, Suminah berkenalan dengan Adi Triyanto, petugas satpam perumahan tersebut. Mereka kemudian berpacaran.

Namun, sekitar setahun lalu, Adi menikahi perempuan lain. Pasangan itu kini sudah memiliki bayi. Suminah pun meradang. ”Padahal kami sudah seperti suami-istri dan janji akan menikah. Sekarang saya stres karena memikirkan Adi,” katanya.
Menurut Suminah, pada Selasa petang, ia datang ke Jatijajar dan bersembunyi dekat rumah Adi. Saat itu, dia membawa sebotol bensin. Lewat tengah malam, Suminah menuju rumah Adi dan membakarnya. Namun dia segera tertangkap dan dihajar massa.

Ari, kakak Adi, mengatakan bahwa tangan Suminah lecet karena wanita itu terus memberontak untuk melepaskan ikatan di tangannya. ”Talinya sampai putus karena dia berontak terus,” katanya, kemarin.

Ari menambahkan, malam itu sejumlah orang memukuli Suminah yang awalnya dianggap sebagai seorang pria. ”Memang ada pemukulan. Siapa yang tidak kesal kalau rumahnya dibakar?” katanya.

Menjelang tengah hari, Suminah dibawa dari kantor Kelurahan Jatijajar ke Mapolsektro Cimanggis. Suminah bermaksud melaporkan penganiayaan yang dialaminya. Sedangkan keluarga Adi belum berniat melaporkan pembakaran di rumah mereka ke polisi. (Warta Kota/mir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com