Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Haji Dilengkapi Telepon Gratis

Kompas.com - 04/11/2008, 14:01 WIB

Laporan Wartawan Kompas Soelastri Soekirno

TANGERANG, SELASA — Menyambut kehadiran puluhan ribu jemaah haji yang akan berangkat dari Jakarta menuju Tanah Suci mulai Rabu besok, terminal haji Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti telepon umum gratis baik untuk hubungan lokal Jakarta dan sekitarnya, telepon interlokal dan saluran internasional.

"PT Telkom menyediakan 10 pesawat telepon untuk hubungan lokal dan sebuah pesawat telepon untuk hubungan internasional. Untuk sambungan interlokal kami belum tahu jumlahnya," kata Kepala Bandara Soekarno-Hatta Hariyanto pada Selasa siang ini di terminal haji.

Selain itu, pengelola bandara juga menyediakan air minum gratis bagi para jemaah haji. Di luar terminal yakni saat jemaah hendak antre menunggu masuk pesawat, PT Angkasa Pura 2 sebagai pengelola bandara menyediakan sekitar 200 kursi.

Di dalam ruang tunggu berkapasitas 800 orang, terdapat puluhan kursi, tempat shalat, toilet, klinik, kantin sampai perwakilan perusahaan penerbangan, Garuda Indonesia dan Saudi Airlines yang akan mengangkut lebih dari 60 ribu jemaah ke Mekah dan Madinah. "Prinsipnya kami menyediakan tempat yang nyaman untuk para jemaah. Kami juga sudah bekerja sama dengan PT Jasa Marga untuk antisipasi jika jalan tol macet atau banjir," lanjut Hariyanto.

Bila terjadi kemacetan atau banjir, maka mobil pembawa jemaah haji akan melalui jalur alternatif lain, lewat tol Jakarta-Tangerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com