Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Depo MRT Selesai

Kompas.com - 24/12/2009, 03:50 WIB

Jakarta, Kompas - Pembebasan lahan untuk depo angkutan cepat massal atau mass rapid transit/MRT di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, sudah selesai secara administrasi. Pada tahun 2010, Pemerintah Provinsi DKI mulai pembebasan lahan untuk koridor MRT dan penataan persimpangan jalan.

Kepala Fungsi Korporasi PT MRT Jakarta Eddy Santosa, Rabu (23/12) di Jakarta Pusat, mengatakan, di Lebak Bulus sudah tersedia lahan 6 hektar untuk depo MRT. Saat ini, Dinas Perhubungan DKI sudah menyelesaikan pembebasan lahan seluas 7.000 meter persegi lagi untuk melengkapi kebutuhan ruang parkir kereta cepat tersebut.

”Semua proses sudah diselesaikan dinas perhubungan dan tinggal bayar pada minggu depan,” kata Eddy.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah DKI Sukri Bey mengatakan, Pemprov DKI menganggarkan Rp 122,83 miliar untuk mempersiapkan infrastruktur MRT. Sebanyak Rp 60 miliar untuk pembebasan lahan jalur MRT, sedangkan sisanya untuk konsultasi manajemen, penataan persimpangan jalan, dan relokasi penerangan jalan umum.

”Pemprov ingin semua penunjang MRT siap sebelum proses konstruksi dimulai pada 2012. Masalah ketersediaan lahan jangan menjadi masalah, seperti di Banjir Kanal Timur, karena angkutan massal ini sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Sukri.

Eddy mengatakan, pembebasan lahan koridor MRT tidak akan terlalu sulit karena banyak menggunakan lahan di atas atau di bawah badan jalan. Stasiun juga akan dibuat melayang di atas atau di bawah jalan. Jalan masuknya juga diintegrasikan dengan bangunan di sekitarnya. (eca)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com