Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, 18.000 Pedagang Jamu Mudik Gratis

Kompas.com - 04/09/2010, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurang lebih 18.000 orang dari keluarga pedagang jamu dan pedagang asongan akan melakukan mudik gratis bersama, Minggu (5/9/2010) pagi. Ini merupakan kegiatan mudik gratis ke-21 yang diselenggarakan PT Sido Muncul.

Seperti pada kegiatan serupa tahun lalu, mudik gratis ini akan digelar secara serentak di Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, dan Cikampek. Sido Muncul menyediakan 280 bus, 233 bus di antaranya akan diberangkatkan dari Parkir Barat Pekan Raya Jakarta Kemayoran, sedangkan sisanya disebar dari Bandung (12 bus), Bogor (14 bus), Tangerang (18 bus), dan Cikampek (3 bus). Sebanyak 11 bus khusus diperuntukkan bagi keluarga pedagang asongan dan sisanya bagi keluarga pedagang jamu.

"Untuk mudik kali ini, ada perbedaan rute perjalanan. Kami menyediakan 10 bus ke Yogyakarta karena sebagian pedagang jamu juga berasal dari selatan," kata Ketua Panitia Mudik Gratis ke-21 PT Sido Muncul, Antonius Sujono, Sabtu (4/9/2010).

Dengan ditambahnya rute mudik ke Yogyakarta, mudik gratis kali ini akan mencakup tujuh kota tujuan. Selain Yogyakarta, di Jawa Barat terdapat dua kota tujuan, yakni Cirebon dan Kuningan. Jawa Tengah paling banyak, meliputi Tegal, Banjarnegara, Surakarta, dan Wonogiri.

"(Pemudik) paling banyak ke Surakarta dan Wonogiri," terang Sujono.

Sujono mengatakan, untuk mencegah penumpang tanpa tiket seperti terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, panitia akan menjaga ketat setiap pintu masuk di area keberangkatan. Di PRJ Kemayoran, akan tersedia tujuh pintu masuk yang akan dijaga ketat oleh 100 personel keamanan dari kepolisian dan Brimob. Sejak menggelar kegiatan mudik gratis pada 1991, Sido Muncul telah memberangkatkan hampir 300.000 pemudik ke berbagai kota di Pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com