Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Ekstasi Dikendalikan dari Penjara

Kompas.com - 18/03/2011, 05:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aparat Badan Narkotika Nasional membongkar pabrik ekstasi dan pil happy five skala rumahan di Perumahan Taman Dadap Indah, Desa Kosambi Timur, Kecamatan Kosambi, Tangerang, Banten. Peredaran pil haram itu dikendalikan narapidana di Rumah Tahanan Salemba.

Rumah di Taman Dadap Indah Blok 17, yang ditempati Ak (38), digerebek aparat Badan Narkotika Nasional (BNN), Selasa (15/3/2011) malam. Di rumah itu ditemukan sejumlah barang bukti, di antaranya tiga alat pencetak pil, prekusor atau bahan baku pil ekstasi dan pil penenang jenis happy five, bong (alat bakar) sabu, serta dua buku tabungan dan alat timbang. Penghuni rumah, Ak, ditangkap pada Selasa malam itu juga.

Direktur Narkotika Alami BNN Benny Mamoto ketika meninjau rumah pabrik pil ekstasi di Taman Dadap Indah, Kamis (17/3/2011), menyatakan, dari pabrik pil ekstasi skala rumah ini dapat dihasilkan 300 sampai 500 butir pil ekstasi ataupun pil happy five.

Benny menambahkan, peredaran pil haram yang diproduksi di pabrik rumahan itu tak hanya di Jakarta, tetapi diduga sudah mencapai Kalimantan.

Menurut Benny, jaringan peredaran pil narkotika itu dikendalikan E, seorang narapidana di Rutan Salemba. E ditahan di Rutan Salemba akibat perkara narkotika dan bisa mengendalikan jaringan peredaran pil haram itu dari dalam penjara dengan menggunakan telepon seluler.

Rutan
Menurut Kabag Humas dan Dokumentasi BNN Sumirat Dwiyanto, E sudah diambil dari Rutan Salemba pada Rabu lalu dan sampai Kamis kemarin ia masih diperiksa di BNN.

Terkait jaringan narkotika ini, BNN sudah menangkap 10 orang, termasuk Ak, napi Rutan Salemba berinisial E, dan seorang kurir berinisial OA.

OA ditangkap saat akan menerima paket pil haram itu dari seorang perempuan berinisial Yu, kurir lainnya, pada Selasa lalu. Yu sudah ditangkap BNN terlebih dahulu di sebuah apartemen di Jakarta Utara.

Dalam pengungkapan jaringan pil narkotika ini, aparat BNN juga menangkap Yy, adik Ak. Dari kurir yang ditangkap di beberapa tempat terpisah itu, aparat BNN menyita lebih dari 10.000 pil ekstasi dan 6.000 pil happy five. "Masih ada tiga orang yang sudah dinyatakan sebagai DPO (buron)," kata Benny.

Pabrik rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com