Selasa, 23 September 2014

News / Megapolitan

Ibu Kota

Inilah Rangkaian Acara HUT Kota Jakarta

Sabtu, 28 Mei 2011 | 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengharapkan keterlibatan seluruh warga Jakarta dalam perayaan hari ulang tahun ke-484 DKI Jakarta. Pencanangan HUT DKI Jakarta akan dilakukan di Setu Babakan, Minggu (29/5/2011).

"Dari lima wilayah kota, termasuk Kepulauan Seribu, banyak sekali kegiatan yang ditawarkan. Saya minta ulang tahun kali ini mampu melibatkan masyarakat," kata Fauzi seusai bertemu dengan para wali kota dari wilayah Jakarta, Sabtu (28/5/2011).

Berbagai macam nuansa ditawarkan dalam HUT Jakarta kali ini. Salah satunya adalah nuansa lingkungan yang diangkat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Wujud nyata dari hal ini adalah penanaman 5.000 bibit pohon mangrove di Mangrove Belt, Kapuk. Akan ada pula acara pembersihan Sungai Ciliwung bagian selatan dan juga Kanal Banjir Timur, serta pelepasan 4.400 benih ikan di Kepulauan Seribu.

Untuk yang bernuansa hiburan, di kecamatan dan kelurahan akan diadakan semacam panggung hiburan.Sementara itu, pada 22 Juni akan ada pesta kembang api di Monas selama 30 menit. Kemudian, pada malam hari di Ancol digelar hiburan untuk muda-mudi. Selama sehari, Ancol membebaskan biaya masuk bagi pengunjung.

Di luar acara hiburan, Pemprov DKI Jakarta tetap akan melaksanakan kegiatan rutin pada 22 Juni, yaitu berupa apel pagi, sidang paripurna, dan dilanjutkan pertemuan dengan para duta besar, tokoh partai politik, dan tokoh media massa.

Perayaan HUT Jakarta tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, akan ada spanduk yang dipasang di seputar Bundaran Hotel Indonesia dan diberi tajuk "Wall of Ideas". Masyarakat bisa menuangkan unek-uneknya tentang Jakarta, kemudian akan dimasukkan ke Twitter.

Selain itu, saat peresmian Jakarta Great Sale, juga akan diluncurkan sebuah kotak dengan nama Shoutout Box. Dalam kotak tersebut, masyarakat bisa mengungkapkan hal-hal yang akan dilakukan untuk Jakarta andai menjadi gubernur. Kegiatan di dalam kotak tersebut akan direkam dan ditampilkan di Youtube.

Jakarta Great Sale kali ini mengangkat isu Smoke Free Jakarta. Hal ini ditandai dengan pemasangan peraturan dilarang merokok dan pemberlakuannya di ruang publik.

Sementara itu, setiap wilayah memiliki festival andalan, yakni Festival Pasar Baru di Jakarta Pusat, Festival Pesisir di Jakarta Utara, Festival Wisata Kuliner di Jakarta Timur, Festival Sentra Primer di Jakarta Barat, Festival Palang Pintu di Jakarta Selatan, dan Festival Bahari di Kepulauan Seribu.


Editor : Nasru Alam Aziz