Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Beri Dana Hibah Rp 45 Miliar untuk Bodetabekjur

Kompas.com - 14/09/2011, 18:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana hibah sebesar Rp 45 miliar diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada sembilan pemerintah daerah yang menjadi daerah mitra DKI Jakarta. Dana hibah tersebut diberikan untuk pengembangan sembilan daerah tersebut.

"Tingginya masalah migrasi tidak bisa diselesaikan oleh Jakarta saja, melainkan harus diselesaikan bersama-sama dengan pemda di kawasan Bodetabekjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur). Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov DKI memberikan bantuan dana hibah kepada 9 pemda yang menjadi daerah mitra bagi pembangunan Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/9/2011).

Kesembilan daerah penerima dana hibah tersebut yaitu Kabupaten Bogor sebesar Rp 5 miliar, Kotamadya Bogor sebesar Rp 5,5 miliar, Kotamadya Depok sebesar Rp 6,5 miliar, Kabupaten Tangerang sebesar Rp 9 miliar, dan Kotamadya Tangerang Selatan sebesar Rp 4 miliar. Kemudian, Kabupaten Bekasi sebesar Rp 4 miliar, Kotamadya Bekasi sebesar Rp 4 miliar, dan Kabupaten Cianjur sebesar Rp 4,5 miliar.

Bantuan hibah ini terbagi 70 persen di bidang transportasi, sumber daya air, tata ruang atau lingkungan hidup, serta 30 persen di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan industri pergudangan.

Pada tahun ini, dana hibah yang diberikan lebih besar 80 persen bila dibandingkan dengan hibah tahun lalu sebesar Rp 25 miliar. Peningkatan jumlah dana hibah bertujuan untuk mendukung keserasian, keseimbangan, keselarasan, dan keterpaduan, yang nantinya berguna untuk mewujudkan penguatan pembangunan antara Jakarta dengan wilayah Bodetabekjur.

"Saya berharap program hibah dapat menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan kerjasama yang semakin meningkat," ungkap Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com