Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Portugal Harus Jalani Babak "Play Off"

Kompas.com - 13/10/2011, 03:29 WIB

London, Rabu - Pendukung Portugal harus menunda mimpi tim nasionalnya melenggang ke putaran final Piala Eropa 2012 di Ukraina dan Polandia. Mereka harus terdepak ke jalur play off setelah dikalahkan tuan rumah Denmark, 1-2, pada laga terakhir penyisihan Grup H, Selasa (11/10).

Denmark akhirnya mendapat tiket langsung setelah memuncaki klasemen Grup H dengan nilai 19 atau terpaut tiga angka dari Portugal.

Selain Portugal, ada tujuh tim lain yang juga harus melalui jalur play off setelah hanya menempati posisi runner-up grup. Ketujuh tim tersebut adalah Kroasia, Irlandia Utara, Ceko, Turki, Bosnia, Estonia, dan Montenegro.

Pengundian calon lawan akan dilakukan Kamis ini. Portugal, Kroasia, Irlandia, dan Ceko masuk daftar unggulan. Dengan demikian, calon lawan mereka adalah Turki, Bosnia, Estonia, dan Montenegro. Babak play off memainkan laga kandang dan tandang.

Sementara itu, sepuluh tim sudah mendapatkan tiket langsung, yakni Spanyol, Jerman, Rusia, Italia, Perancis, Belanda, Yunani, Inggris, Denmark, dan Swedia. Undian pembagian grup untuk putaran final akan digelar di Kiev, 2 Desember 2011.

Langsung mengejutkan

Portugal yang diperkuat pemain termahal, Cristiano Ronaldo, di luar dugaan tak mampu mengatasi Denmark. Kemenangan 3-1 pada pertemuan pertama seperti tak ada artinya.

Denmark, yang berada di posisi underdog, justru tampil luar biasa dan mengejutkan. Mereka langsung menggebrak dan bisa mencetak gol saat pertandingan babak pertama baru berjalan 13 menit lewat gol Michael Krohn-Dehli. Sebelumnya pada menit keempat, gawang Portugal yang dikawal Rui Patricio bergetar, tetapi gol itu dibatalkan wasit Nicola Rizzoli yang menilai terjadi pelanggaran oleh pemain tuan rumah saat menyambut umpan bola mati.

Setelah mendapat satu gol, pemain Denmark mulai menurunkan tempo pertandingan. Portugal berupaya mencari peluang lewat Ronaldo dan Carlos Martins. Namun, kedua peluang mereka selalu dapat dijinakkan penjaga gawang Denmark, Thomas Sorensen.

Pada babak kedua, Denmark kembali mendapat gol pada menit ke-63 lewat aksi striker Nicklas Bendtner yang memanfaatkan umpan tarik Dennis Rommedahl. Sepuluh menit berselang, hampir saja gol ketiga lahir kalau saja Eriksen tidak meleset menembak bola sodoran Krohn-Dehli. Begitu juga dengan sundulan Bendtner yang ditepis Rui Patricio.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com