Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Susah Diatur, Ibu Ini Berjuang Sendiri

Kompas.com - 22/12/2011, 09:11 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

Ribuan kilo jalan yang kau tempuh

Lewati rintang untuk aku anakmu

Ibuku sayang masih terus berjalan

Walau tapak kaki, penuh darah, penuh nanah...

JAKARTA, KOMPAS.com — Sepenggal lirik lagu "Ibu" yang dipopulerkan oleh Iwan Fals, terasa pas untuk menceritakan perjuangan Ibu Mus (51) untuk membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga dan anak-anaknya.

Sejak 1980-an, ibu dua anak asal Surabaya, Jawa Timur,  ini telah mengadu nasib ke Jakarta. Tidak banyak yang bisa dia lakukan, tetapi tekadnya untuk menghidupi kedua anaknya lebih besar. Dia pun kemudian memutuskan bergabung dengan kelompok kesenian kuda lumping keliling.

"Waktu itu, tahun 1983, saya sudah ikut bergabung. Dari dulu awalnya di Bekasi, kemudian pindah ke Jakarta sampai sekarang," kata Ibu Mus, saat ditemui Kompas.com di kawasan Penjernihan, Jakarta, Rabu (21/12/2011).

Aktivitas Ibu Mus dimulai dari subuh saat dia menjalani shalat subuh. Kemudian dia mulai membersihkan rumah hingga menyiapkan sarapan. Pukul 09.00 WIB, dia mulai berkeliling bersama kelompok kuda lumping.

Hari ini pun, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Ibu Mus kembali berkeliling bersama kelompok kuda lumping. Hanya mengenakan sandal jepit dan kemeja yang sedikit kebesaran, Ibu Mus masih bersemangat berkeliling meminta uang saweran kepada warga yang menonton.

"Sudah lama saya ikut kelompok ini. Ya, saya enggak cuma bisa minta uang, kadang saya juga memainkan alat musik seperti gong ini. Kadang saya juga memainkan cambuk," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com