Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebijakan Semprot Cat ke Mobil Tidak Benar

Kompas.com - 16/01/2012, 23:47 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membantah isu yang beredar terkait kebijakan penyemprotan cat oranye ke badan mobil-mobil yang menerobos jalur bus transjakarta. Hal ini disampaikan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono, Senin (16/1/2012), di Mapolda Metro Jaya.

"Info tentang akan dilakukan penindakan dengan cara menyemprotkan cat ke kendaraan yang melanggar masuk jalur bus transjakarta adalah tidak benar," ungkap Wahyono.

Menurut dia, penerapan efek jera bagi para penerobos jalur bus transjakarta memang perlu dilakukan. Namun, kepolisian juga harus mempertimbangkan etika dan perilaku sopan santun dalam berlalu lintas. Selain itu, kata Wahyono, aparat kepolisian juga tidak bisa mengesampingkan fungsi pengayoman dan pelayanan masyarakat.

"Di samping sebagai aparat penegak hukum, juga sebagai pemelihara kamtibmas dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat. Jadi, pengecatan terhadap kendaraan yang sudah melanggar jalur busway sudah tentunya sangat bertentangan dengan amanah undang-undang," ujarnya.

Sebelumnya, kabar mengenai kebijakan Polda Metro Jaya menyemprotkan cat berwarna oranye pada kendaraan selain bus transjakarta yang melalui busway ramai tersebar melalui pesan berantai. Kebijakan ini, rencananya, akan diberlakukan hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com