Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Gawang Bandul Beton Itu...

Kompas.com - 17/01/2012, 17:14 WIB
Lasti Kurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gawang dengan bandul beton sebanyak 24 buah telah terpasang di Km 27,100, tepatnya di antara jembatan gantung dan perlintasan kereta api Proyek, Bekasi, di dekat Jalan Haji Agus Salim, Bekasi, Selasa (17/1/2012). Pemasangan gawang bandul beton selesai sekitar pukul 14.00.

Gawang terdiri dari dua bagian yang tersambung menjadi satu, melintang di kedua sisi jalur rel kereta api, baik dari arah Bekasi-Tambun maupun sebaliknya.

Di tiap gawang tergantung 12 bola beton yang masing-masing seberat 3 kilogram. Diperkirakan jarak antara atap kereta dan bandul yang menggantung sekitar 25 cm.

Pemasangan bandul diharapkan dapat membuat penumpang nakal yang sering naik ke atap akan takut dan tidak mengulangi perbuatannya. Bila penumpang di atap terkena bandul tersebut, maka risikonya bukan hanya jatuh, melainkan juga dapat cedera.

PT KAI Daops 1 Jabodetabek akan mensosialisasikan bandul yang telah terpasang ini pada penumpang di Stasiun Bekasi melalui pengeras suara. Selain itu, laju kereta akan diperlambat saat melintas di lokasi gawang bandul beton dipasang. Sejumlah petugas keamanan juga akan ditempatkan di sekitar lokasi, antara lain jembatan gantung menuju lokasi bandul untuk menghalau penumpang dari atap kereta.

Diperkirakan, uji coba akan segera berlangsung pada sore ini, yaitu sekitar 16.30, saat penumpang kereta dari bekasi ke arah Tambun sedang padat-padatnya dan biasanya banyak penumpang nakal yang naik ke atap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com