Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alissa Wahid: Indonesia Harus Bebas dari Kekerasan

Kompas.com - 14/02/2012, 17:39 WIB
Susi Ivvaty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Putri pertama Presiden Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid, mengatakan, Indonesia harus bebas dari kekerasan, seperti yang diinginkan semua rakyat Indonesia.

Demikian Alissa dalam orasinya pada aksi damai Indonesia Tanpa FPI di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (14/2/2012).

Alissa mengatakan, aksi ini adalah wujud kepedulian masyarakat yang cinta akan kedamaian, bebas dari segala bentuk kekerasan. "Tidak ada satu orang yang menggerakkan aksi ini, semua bersatu dan berinisiatif. Mulanya lewat informasi di media sosial seperti twitter, lalu meluas," katanya.

Bagi Alissa, aksi-aksi damai seperti ini adalah satu cara untuk meluaskan dukungan masyarakat di berbagai daerah. Di Palangkaraya, FPI ditolak warga.

"Saya mendapat informasi, beberapa daerah di Jawa Timur juga menolak FPI yang mau membuat cabang. Kami ingin, masyarakat semua bersatu menolak segala bentuk kekerasan, tidak hanya FPI," sambung kakak kandung Yenny Wahid itu.

Alissa menyerukan, jika semua orang masih mengaku sebagai rakyat Indonesia, jangan hanya diam. Bersuaralah. "Diam melihat kekerasan sama saja dengan berbuat kekerasan," serunya, disambut yel-yel massa. "Indonesia damai.... Tanpa FPI tanpa kekerasan!!!"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com