Jumat, 25 April 2014

News / Megapolitan

Ribuan Demonstran Buruh Datangi DPR

Kamis, 29 Maret 2012 | 12:14 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 2.000 buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) mulai mendatangi halaman depan gedung DPR/MPR pada Kamis (29/3/2012) sejak pukul 11.15 tadi. Sampai saat ini demonstran terus berdatangan ke gedung DPR/MPR untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pantauan Kompas.com, massa yang awalnya bersiap-siap di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, mulai bergerak pada pukul 11.00 dengan berjalan kaki ke depan gedung DPR/MPR. Mereka membawa sebuah spanduk besar berisikan dua buah butir tuntutan, yakni menolak kenaikan harga BBM dan segera melaksanakan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Akibat pergerakan ribuan massa ini, Jalan Gatot Subroto dari depan Senayan sampai depan gedung DPR/MPR tertutup. Hingga saat ini aksi massa terus berlangsung dan akses jalan di depan gedung DPR juga belum dibuka. Pengemudi yang akan melintas gedung DPR menuju Palmerah dialihkan menuju Jalan Gerbang Pemuda Senayan.

Diberitakan sebelumnya, aksi unjuk rasa akan kembali terjadi hari ini. Lebih dari 4.000 orang demonstran akan melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR, Istana Negara, dan Bundaran Hotel Indonesia. Kepolisian memperkirakan elemen buruh akan mendominasi aksi kali ini. Sebanyak 22.000 aparat yang terdiri dari 14.000 personel polisi dan 8.000 personel TNI diturunkan pada aksi unjuk rasa kali ini. Sejumlah kendaraan taktis seperti barakuda dan water cannon juga disiagakan di lokasi unjuk rasa.


Penulis: Sabrina Asril
Editor : Latief