Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IBSW Akan Laporkan Foke ke MUI

Kompas.com - 18/04/2012, 16:46 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesian Bureaucracy and Service Watch (IBSW) menyatakan akan melaporkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Laporan tersebut terkait perbuatan Foke mengacungkan jari tengah pada suatu kesempatan di depan umum.

"Sebagai pemimpin, tidak ada hukuman dari pelanggaran etik seperti yang dibuat Foke. Tapi, hal ini terkait perbuatan moral yang perlu dipertanggungjawabkan secara moral," kata Nova Andhika, Ketua IBSW, saat konferensi pers di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (18/4/2012).

Menurut Nova, jika perbuatan mengancungkan jari tengah dilakukan di ruang pribadi, ada alasan bagi bakal calon Gubernur DKI Jakarta itu untuk berdiam diri. Namun, karena perbuatan tersebut dilakukan di ruang publik, harus ada pertanggungjawaban pula secara publik.

"Kalau di ruang pribadi, silakan dipertanggungjawabkan secara pribadi. Tapi kalau di ruang publik maka harus dipertanggungjawabkan secara publik," ucap Nova.

MUI, dinilai Nova, merupakan lembaga penegak moral dari sisi agama. Karena Foke seorang Muslim, Nova menilai pertanggungjawaban Foke dapat disampaikan melalui MUI.

"Memang tidak ada pelanggaran syariat Islam yang dilakukan Foke. Tapi sebagai pemimpin, ia telah menunjukkan keteladanan yang buruk dari sisi agama," lanjut Nova.

Fauzi Bowo melakukan aksi yang dianggap tak senonoh saat menghadiri acara penjualan mobil bekas dan Festival Grup Band di Senayan, Minggu (15/4/2012). Pada kesempatan berada di panggung bersama kelompok band tertentu, ia mengikuti isyarat tangan yang dilakukan salah seorang gadis personel band tersebut. Isyarat berupa mengacungkan jari tengah ke arah penonton itu dipandang tidak sopan karena memiliki nuansa makna negatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com