Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Transfer Pemain Sepak Bola

Kompas.com - 20/04/2012, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon dari luar daerah membuat pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta ada kemiripan dengan kebijakan transfer pemain klub sepak bola.

Warga akan mendukung siapa saja, termasuk calon dari luar daerah, asalkan bisa membawa DKI lebih baik. Konteks kedaerahan bahwa calon yang terbaik harus asli DKI menjadi tidak relevan.

Demikian diutarakan Wijayanto, Direktur Pelaksana Institut Kebijakan Publik Paramadina, saat membahas hasil survei Pride Indonesia tentang permasalahan DKI dan kredibilitas tokoh, di Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Pemimpin baru dianalogikan pemain sepak bola yang ditransfer dari klub lain guna meningkatkan kinerja klub sehingga berprestasi.

Calon yang akan didukung adalah yang obyektif dan simpel saat mengambil keputusan, kredibel atau jujur, dan bisa dipercaya.

Pandangan itu senada dengan hasil survei Pride Indonesia, Februari-Maret 2012. Pertimbangan utama warga adalah memilih calon pemimpin yang dianggap jujur (63,8 persen) dan berpihak kepada mereka (22,4 persen). Pertimbangan asal, suku, dan etnis calon ternyata nol persen.

Pembahas lain, politikus Partai Golkar, Indra J Piliang, mengatakan, calon yang akan dipilih adalah yang mampu mengatasi masalah utama.

Bagi warga menengah, lanjut Indra, masalah utama adalah stabilitas ekonomi, banjir, dan macet. Bagi warga miskin, masalah utama adalah pengendalian harga kebutuhan pokok, pendidikan, dan kesehatan.

Selain itu, DKI juga memerlukan pemimpin yang menjamin adanya keamanan dan kenyamanan. ”Artinya, tidak membiarkan kekerasan,” kata Indra.

Pembahas lain, politikus PAN, Bima Arya Sugiarto, mengatakan, banjir serta macet ibarat musuh besar bagi siapa pun yang memimpin DKI. Namun, apabila mengusung isu itu, calon kemungkinan tidak terlalu mendapat dukungan dari kalangan menengah.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com