Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Sambut Baik Perluasan Car Free Day

Kompas.com - 10/05/2012, 16:19 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya animo masyarakat terhadap Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), Dinas Perhubungan DKI Jakarta menambah titik lokasi pelaksanaan CFD ini mulai tanggal 13 Mei mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menyambut baik penambahan titik lokasi CFD ini. Mengingat dengan program ini dapat memulihkan kualitas udara dan mengurangi polusi akibat banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang.

"Kebijakan ini merupakan respon Pemprov DKI Jakarta terhadap aspirasi masyarakat yang merindukan pemulihan kualitas udara yang lebih baik di kota Jakarta," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balaikota, Jakarta, Kamis (10/5/2012).

Menurutnya, program bebas kendaraan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat. Terbukti tiap CFD digelar, warga Jakarta beramai-ramai turun ke jalan untuk bersepeda dan menikmati jalanan Jakarta yang mendadak bebas polusi.

Kendati demikian, pihaknya telah mempersiapkan jalur-jalur alternatif yang dilengkapi dengan rambu-rambu agar para pengguna jalan lain tidak terganggu dengan program ini.

Tidak hanya itu, petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya juga ikut diturunkan.

Pada penerapan pola baru CFD ini, seluruh ruas jalan di kedua jalan protokol tersebut baik di jalur cepat dan lambat ditutup total alias tidak boleh ada kendaraan yang melintas. Pelaksanaan khusus di jalan protokol ini juga akan diadakan tiap minggu dari pukul 06.00-11.00 WIB.

Sementara itu, di tingkat kota administrasi, HBKB dilaksanakan setiap satu bulan sekali pada hari Minggu pukul 06.00-11.00 dengan lokasi yakni sepanjang Jalan Pemuda (Jakarta Timur), Jalan Danau Sunter Selatan (Jakarta Utara), Jalan Letjen Soeprapto (Jakarta Pusat), Jalan Sisingamangaraja (Jakarta Selatan), dan Kawasan Kota Tua Tamansari (Jakarta Barat).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com