Tim SAR Rusia Akhiri Pencarian Puing dan Korban Sukhoi - Kompas.com

Tim SAR Rusia Akhiri Pencarian Puing dan Korban Sukhoi

Kompas.com - 17/05/2012, 16:35 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Tim search and rescue (SAR) dari Rusia, Kamis (17/5/2012), mengakhiri misi pencarian korban dan puing pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Kabupaten Bogor.

Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI Daryatmo mengatakan, sebanyak 12 orang dari tim SAR Rusia tersebut telah dipindahkan dari lokasi kecelakaan di Gunung Salak pada pukul 08.00 WIB kemudian diterbangkan dengan empat helikopter menuju Jakarta.

Daryatmo menjelaskan, semula pihak Rusia masih berniat membawa semua puing pesawat. Namun, pihaknya memberikan pengertian bahwa hal itu tidak memungkinkan.

"Kami sampaikan pemahaman bahwa dalam operasi lanjutan pada hari kesembilan pada Rabu setelah selama tujuh hari misi pencarian utama dilakukan, petugas sudah dalam tahap menggali-gali tanah untuk mencari puing. Artinya, puing-puing itu tinggal sedikit," tuturnya di posko Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Meskipun tim SAR Rusia telah mengakhiri misi pencarian korban di Gunung Salak, masih ada tim non-SAR yang berada di lokasi bersama tim gabungan dari Indonesia.

Dalam operasi lanjutan, tim SAR gabungan fokus pada penyapuan puing-puing yang tersisa semaksimal mungkin.

Ia juga mengemukakan bahwa keputusan, apakah operasi lanjutan evakuasi tersebut diteruskan atau tidak, baru akan diputuskan dalam rapat koordinasi pada hari Jumat (18/5/2012).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorTri Wahono