Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Bogota, Angkutan Umum Jakarta Tiru Guangzhou

Kompas.com - 24/05/2012, 19:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Revitalisasi angkutan umum diperkirakan dapat membantu mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta. Untuk itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana menyediakan pelayanan angkutan umum dengan sistem direct service.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan bahwa sistem direct service ini akan segera dikaji terlebih dahulu untuk dilihat kesesuaiannya dan manfaatnya untuk diterapkan di Jakarta.

"Baru akan kami kaji. Tapi sistem ini sudah dilakukan di kota besar lain dan efeknya bagus," kata Pristono, di Balaikota, Jakarta, Kamis (24/5/2012).

Sistem direct service ini memang sudah diterapkan di Guangzhou dengan sebutan Guangzhou Bus Rapid Transit (GBRT).

Dengan sistem direct service ini, GBRT mampu mengangkut penumpang sebesar 24.000 orang/jam/arah.

Melihat hal itu, Jakarta tampaknya akan mengkombinasikan sistem ini dengan sistem Trunk and Feeder yang saat ini sudah diaplikasikan yaitu bus Transjakarta. Sistem Trunk and Feeder ini diadaptasi dari Bogota.

"Jadi nanti akan dikombinasikan. Harapannya semakin banyak masyarakat yang terangkut dan mau beralih ke angkutan umum," jelas Pristono.

Ia juga menambahkan bahwa konsepnya nanti akan menggunakan bus ukuran sedang seperti Kopaja. Namun kondisinya disulap sedemikian rupa seperti bus Transjakarta dengan fasilitas penyejuk ruangan dan juga mendapat hak untuk melintas di jalur bus Transjakarta.

"Kualitasnya akan dibuat sama dengan Transjakarta nantinya. Jadi warga tetap nyaman untuk naik angkutan umum," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com