Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Penggelapan Mobil Beraksi Hanya Dalam 6 Bulan

Kompas.com - 30/05/2012, 16:35 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lydia (30), tersangka pelaku penggelapan 39 mobil tergolong berani dalam melakukan aksinya. Hanya dalam waktu enam bulan dia berhasil menggelapkan mobil-mobil yang dipinjam atau disewa dari rental mobil maupun orang perorangan.

"Dia (tersangka) melakukan aksi ini sejak bulan Desember 2011 sampai Mei 2012," ujar Ajun Komisaris Besar Hermawan, Kanit Reskrim Polres Metro Jaksel saat memberikan keterangan pers di Mapolres Jaksel, Rabu (30/5/2012).

Keberanian Lydia juga terlihat dengan caranya melakukan tindakan penggelapan. Ia mendatangi sendiri rental mobil maupun pemilik mobil dengan menunjukkan identitas asli. Mobil kemudian disewa dengan mengikuti prosedur yang berlaku, di antaranya dengan membayar uang sewa yang berkisar Rp 1, 8 juta - Rp 1,9 Juta. Dengan mengantongi STNK, Lydia lantas mencari orang untuk menggadaikan mobil sewaan tersebut. Namun, Lydia mengaku tidak mengambil keuntungan dari aksi kriminalnya tersebut.

"Ya, semacam gali lubang tutup lubang. Karena uang hasil gadai kemudian langsung dipakai lagi buat DP sewa mobil berikutnya," kata AKBP Hermawan.

Lydia menyerahkan diri ke Polrestro Jaksel pada 16 Mei lalu atas pendekatan aparat dan karena mendapat tekanan dari para pemilik kendaraan maupun dari pihak yang menerima gadai mobil hasil penggelapan itu. Ibu dua anak itu saat ini berstatus tahanan Polres Metro Jaksel. Pihak penyidik menjerat tindakan Lydia dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan sebagai subsider.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com