Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Pidato, Inilah Tingkah Anggota Dewan

Kompas.com - 07/06/2012, 13:28 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para anggota Dewan yang duduk di kursi empuk atas nama menjalankan aspirasi rakyat kerap kali tidak menjalankan kewajibannya tersebut. Di tengah-tengah rapat yang membicarakan nasib rakyat, anggota Dewan kerap tertidur atau bahkan asyik berbicara sendiri dengan rekannya.

Hal itu juga terjadi saat Rapat Paripurna tentang Penyampaian Pidato Gubernur tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ-AMJ) Gubernur 2007-2012 pada Kamis (7/6/2012) ini. Nyaris para anggota Dewan yang hadir dalam Ruang Paripurna tersebut tidak memperhatikan pidato yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Obrolan para anggota Dewan ini seakan tidak pernah selesai. Entah apa yang menjadi obrolan hangat saat itu.

Bahkan, banyak kursi anggota Dewan yang juga kosong tak berpenghuni. Ada juga anggota Dewan yang malah sibuk bertelepon ria. Seharusnya hal tersebut tidak terjadi saat seorang pimpinan daerah tengah mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada masyarakat.

Memang, saat Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan keberhasilan program kerjanya, sejumlah anggota Dewan bertepuk tangan dengan riuh. Namun, setelah itu mereka kembali lagi berbincang dengan rekannya sesama anggota Dewan. Bahkan, para petinggi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun tampak tertidur saat mendengarkan pidato ini.

Pemandangan seperti itu sebenarnya tidak layak terjadi. Pasalnya, mereka duduk di ruangan dingin dan kursi empuk dengan insentif yang besar itu atas nama rakyat. Namun, yang terjadi hampir di setiap rapat anggota Dewan adalah ketidakpedulian mereka terhadap rakyat yang selalu menuntut keadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com