Sabtu, 2 Agustus 2014

News / Megapolitan

Infrastruktur

Jalan Tol Cilincing-Cibitung Dimulai Desember

Senin, 16 Juli 2012 | 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tol E1 Semper-Rorotan tak hanya akan disambung ke Tol E2 Cilincing, tetapi jg akan disambung ke Cibitung dalam proyek Tol Cilincing-Cibitung. Proyek pembangunan Tol Cilincing-Cibitung ini ditargetkan akan dilaksanakan pada Desember 2012.

Di sela sosialisasi pembangunan Tol Cilincing-Cibitung di Kelurahan Marunda, Senin (16/7/2012), Sekretaris Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi mengatakan, saat ini sedang dilaksanakan sosialisasi proyek pembangunan kepada warga yang kemungkinan lahan atau rumahnuya digusur untuk pembangunan proyek itu.

Setidaknya, dibutuhkan areal selebar 40 meter dari bahu jalan dengan panjang 3 kilometer. "Ini baru pengenalan proyek. Jadi belum ada pembicaraan luas lahan yang akan dibebaskan, dan harga untuk pembebasan lahan," jelas Tri Kurniadi.

Menurut Tri, proyek pembangunan jalan tol ini sepenuhnya dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum, termasuk untuk biaya pembebasan lahan. Pemerintah Kota Jakarta Utara hanya membantu memfasilitasi Kementeriaan PU untuk bertemu dengan warga.

Menurut salah seorang warga, Waryono (28), pihaknya berharap pemerintah bisa memberikan harga pembebasan lahan yang adil. Sementara ini, nilai jual obyek pajak (NJOP) di kawasan Cilincing berkisar Rp 700.000 sampai Rp 1,5 juta per meter persegi.

"Saya sendiri juga belum tahu, apakah rumah saya kena pembebasan lahan atau tidak. Makanya mengikuti sosialisasi ini," katanya.


Penulis: Madina Nusrat
Editor : Marcus Suprihadi