Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Permohonan Perpanjangan STNK Meningkat

Kompas.com - 16/08/2012, 16:57 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, kantor Satuan Manunggal Administrasi Satu Atap (Samsat) Jakarta Selatan kebanjiran permohonan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Peningkatan jumlah warga yang mengurus perpanjangan STNK sudah terjadi sejak Senin (13/8/2012).

"Sudah mulai Senin lalu memang warga yang datang meningkat. Peningkatannya sekitar 40-60 persen dibandingkan hari-hari biasanya," ujar Kepala Unit Samsat Jakarta Selatan Ajun Komisaris Wayan Yogi, Kamis (16/8/2012) di Mapolda Metro Jaya.

Yogi mengatakan, pada hari-hari biasa, jumlah pemohon berkisar 800 hingga 1.000 orang per hari. Namun, mulai Senin lalu, jumlah pemohon menembus angka 2.500 orang.

Selain melakukan perpanjangan STNK, warga juga sekaligus mengurus pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Peningkatan terjadi pada jumlah permohonan bea balik nama (BBN) kendaraan bermotor sebanyak 40 persen. "Ini meningkat mungkin karena banyak warga juga yang membeli kendaraan baru," kata Yogi.

Menurut Yogi, kenaikan permohonan perpanjangan STNK itu terjadi karena banyak warga yang hendak mudik. Warga lebih suka memilih mengurus perpanjangan STNK sebelum mudik supaya lebih aman saat di perjalanan.

Yogi menjelaskan, kantor Samsat seluruh Jakarta akan tutup pada 17 Agustus 2012 dan 19-22 Agustus 2012. Pelayanan Samsat akan kembali buka pada 18 Agustus 2012 dan mulai normal kembali pada 23 Agustus 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com