Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Jawaban Manajemen Taman Safari

Kompas.com - 18/08/2012, 11:35 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Junaedi (32), petugas kebersihan Taman Safari Indonesia di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tewas diterkam harimau pada Jumat (17/8/2012) sore. Kepala Bagian Humas Taman Safari Indonesia-Cisarua Yulius H Suprihardo pada Sabtu (18/8/2012) mengatakan, korban ditemukan sekitar pukul 15.00 oleh seorang keeper harimau ketika sedang menginspeksi kawasan exhibit atau exercise harimau sumatera.

Korban ditemukan dalam kondisi tewas dengan sejumlah luka di bagian kepala dan paha. "Setelah shalat Jumat, almarhum memang tidak diketahui posisinya," tutur Yulius.

Menurut dia, lokasi itu merupakan kawasan yang tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum. Petugas kebersihan yang masuk dalam kawasan itu, kata Yulius, seharusnya melapor terlebih dahulu kepada keeper yang bertugas di kawasan tersebut.

"Namun, saat kejadian, korban tidak melapor ke keeper harimau. Kami juga belum tahu bagaimana korban bisa sampai ada di dalam," katanya. Akan tetapi, Yulius mengaku tidak bisa menyimpulkan apakah ada prosedur standar yang tidak dilakukan korban. Dia menyerahkan penyelidikan kepada kepolisian.

Dia menjamin, harimau tidak keluar dari kawasan karena tinggi pagar tiga meter dan dilengkapi electric fan. "Ini kejadian pertama di Taman Safari, dan kami berharap ini yang terakhir. Kami juga menjamin pengunjung aman untuk berkunjung ke Taman Safari," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com