Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemudik Kalideres H+1 Menurun, Hari H Melonjak

Kompas.com - 21/08/2012, 17:06 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah pemudik di hari Lebaran dan H+1 Idul Fitri 1433 H di Terminal Kalideres mengalami penurunan dibanding H-7, yang rata-rata per hari mengantar 5.000 penumpang.

Pihak Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mencatat, pada hari H jumlah penumpang luar kota melonjak sebanyak 7.561 dan menempati posisi kedua penumpang terbanyak ke luar kota pada tahun ini.

"Mereka bukan penumpang mudik, tapi penumpang yang ingin bersilaturahim ke sanak saudara di daerah Banten, Serang, dan sekitarnya," kata Kepala Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres Hengki Sitorus, Selasa (21/8/2012).

Ia memaparkan, puncak arus mudik di Terminal Kalideres jatuh pada H-3 sebanyak 13.291 penumpang. Sebelum hari H, pihaknya mencatat posisi kedua terbanyak pada H-7 sebanyak 7.323 penumpang, yang rata-rata menuju ke daerah Jawa dan Sumatera.

Untuk hari H Idul Fitri berdasarkan data, jumlah penumpang 7.561, tetapi mereka bukan penumpang mudik, melainkan penumpang yang ingin bersilaturahim ke sanak saudara di Banten, Serang, dan sekitarnya.

"Rata-rata alasan penumpang jarak ke Banten, Serang, dan sekitarnya itu dekat, hanya dua jam ke Banten dari Kalideres," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sampai saat ini Terminal Kalideres terlihat sepi dan kembali normal. Berdasarkan data yang ada untuk H+1 berjumlah 3.612 penumpang, sedangkan H+2 hingga pukul 13.00 WIB berjumlah 1.100 penumpang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com