Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Luka, 250 Rumah Rusak

Kompas.com - 09/09/2012, 15:43 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 4,8 skala Richter yang mengguncang Kabupaten Bogor dan Sukabumi pada Minggu dini hari (9/9/2012) merusak puluhan rumah.

Gempa berpusat di darat pada 6,70 Lintang Selatan dan W0F,64 Bujur Timur atau 31 km barat daya Bogor. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terjadi pukul 01:27:15 WIB. Pusat gempa di kedalaman10 km. Intensitas gempa dirasakan II MMI di Bogor dan Sukabumi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo mrngatakan, meski intensitas gempa sangat ringan, namun dilaporkan banyak rumah yang rusak.

Di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor terdapat 250 rumah rusak yaitu di Desa Purbakti 65 rumah rusak dan Desa Cibunian 185 rumah rusak. Tiga orang luka dan dirawat di puskesmas setempat.

Sutopo mengatakan, posko sudah didirikan di Balai Desa. Pengungsian sementara tinggal di rumah tetangga yang rumahnya tidak rusak. Logistik dan tenda segera dikirim dari BPBD Bogor. Tim Reaksi Cepat BNPB telah di lokasi sejak tadi pagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com